Surat Suara untuk Tuna Netra baru Dipikirkan KPU

Surat Suara untuk Tuna Netra baru Dipikirkan KPU
Surat Suara untuk Tuna Netra baru Dipikirkan KPU
JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah memikirkan cara penggunaan hak pilih bagi kalangan tuna netra. KPU menawarkan dua cara penggunaan hak pilih bagi tuna netra.

"Mengenai pemberian suara bagi tuna netra, akan diusulkan dengan dua mekanisme, pertama tuna netra itu diberikan pendamping atau pembimbing yang bisa dipercaya, bisa dari kalangan keluarga atau teman," ujar anggota KPU Andi Nurpati pada rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR, Senin (15/9).

Sementara mekanisme kedua yang ditawarkan KPU adalah dengan menyediakan alat khusus bagi para tuna netra. "Semacam huruf braile yang bisa menandakan pilihan yang bisa dicontreng," cetusnya.

Hanya saja, ulas Nurpati, cara kedua memang akan menambah biaya dalam pegadaan alatnya. Menurutnya, KPU bisa saja menetapkan mekanisme kedua karena lebih menjamin kerahasiaan dalam penggunaan hak pilih asalkan Komisi II DPR menyetujui penambahan anggaran.

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah memikirkan cara penggunaan hak pilih bagi kalangan tuna netra. KPU menawarkan dua cara penggunaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News