Polri Tanam 1 Juta Pohon, Komisi III DPR: Langkah Nyata Atasi Perubahan Iklim

Polri Tanam 1 Juta Pohon, Komisi III DPR: Langkah Nyata Atasi Perubahan Iklim
Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus memimpin langsung gerakan penanaman satu juta pohon di di Taman Hutan Raya, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/8/2023). Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Cucun Ahmad Sjamsurijal mengapresiasi langkah Polri melakukan penanaman satu juta pohon hingga bulan Oktober mendatang.

Langkah ini merupakan aksi nyata insan Bhayangkara dalam meminimalkan dampak bencana akibat perubahan iklim yang kian tinggi intensitasnya dalam beberapa waktu terakhir.

“Kami memberikan apresiasi tinggi terhadap langkah nyata Polri dalam ikut memecahkan berbagai masalah sosial kemasyarakat seperti perubahan iklim. Langkah jajaran Polri dalam menanam satu juta pohon ini sama dengan kesigapan mereka saat menjadi ujung tombak pada masa Pandemi Covid-19 lalu,” ujar Cucun Ahmad Sjamsurijal di sela kegiatan penanaman 42 ribu pohon di Taman Hutan Raya, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung yang dipimpin langsung Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Rabu (23/8/2023).

Untuk diketahui Polri menggelar operasi bertajuk Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini".

Salah satu bentuk kegiatannya adalah penanaman satu juta pohon yang digelar secara serentak di 34 wilayah Polda se-Indonesia. Penanaman pohon ini ditargetkan akan tuntas pada Oktober mendatang.

Cucun mengatakan saat ini dampak negatif perubahan iklim kian dirasakan banyak orang. Mulai dari kian tingginya intensitas bencana hidrometeorologi, cuaca ekstrim, hingga ketidakjelasan musim belakangan ini telah memicu banyak korban.

“Banyak warga kita yang menjadi korban akibat bencana hidrometeorologi, bahkan banyak petani kita yang saat ini kebingungan karena ketidakjelasan musim tanam karena dampak perubahan iklim,” ujar yang juga menjabat sebagai wakil ketua Badan Anggaran DPR RI tersebut.

Situasi tersebut, kata Cucun harus menjadi perhatian semua kalangan agar bersama-sama melakukan aksi nyata dalam meminimalkan dampak negatif dari bencana perubahan iklim. Menurutnya langkah dari Polri dengan menanam 1 juta pohon menjadi langkah awal yang bisa diikuti oleh elemen masyarakat lain.

Anggota Komisi III DPR RI Cucun Ahmad Sjamsurijal mengapresiasi langkah Polri melakukan penanaman satu juta pohon sebagai langkah nyata atasi perubahan iklim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News