Popularitas Menteri Susi Hanya di Atas Kertas

Popularitas Menteri Susi Hanya di Atas Kertas
Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Selama menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti dinilai hanya unggul di atas kertas. Bahkan, Susi hanya menang di tingkat popularitas.

“Kami melihat Susi hanya bisa menang dalam sajian survey bukan menang dalam kinerja,” kata Junisab Akbar, Ketua Pendiri Indonesian Audit Watch (IAW) di Jakarta, Selasa (15/12).

Bahkan bekas anggota Komisi III DPR RI ini meminta Menteri Susi mengungkap apa yang telah terjadi setelah menerapkan kebijakan larangan menangkap ikan skala industri di zona laut 0 hingga 4 mil dari bibir pantai.

Menurut Junisab, regulasi itu dikeluarkan untuk menjaga kelestarian biota laut, menghidupkan wisata bahari serta memberikan keadilan bagi masyarakat lokal.

“Apa benar seperti yang disampaikannya itu yang terwujud? Atau malah sekarang sudah kontra produktif terhadap aturan itu?” ujarnya.

Ia mengingatkan bahwa sudah saatnya Menteri Susi menganalisis kembali kebijakan tersebut.

“Jangan dibiasakan hanya melahirkan kebijakan tanpa melakukan penilaian terhadap kebijakan itu sendiri," sarannya.

Hasil analisis IAW, sejumlah kebijakan Menteri Susi menunjukkan hal negatif seperti turunnya penerimaan negara baik tingkat pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sampai 25 persen dari sebelumnya.

JAKARTA – Selama menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti dinilai hanya unggul di atas kertas. Bahkan, Susi hanya menang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News