Porto dan Portugal Bukan Hal Baik Buat Liverpool

Porto dan Portugal Bukan Hal Baik Buat Liverpool
Jurgen Klopp. Foto: liverpoolfc

jpnn.com, PORTO - Arsitek tim Liverpool Jurgen Klopp punya catatan kelam soal Magis Portugis, jelang mendatangi markas klub Portugal FC Porto di leg pertama 16 Besar Liga Champions, Kamis (15/2) dini hari WIB.

Sepanjang kariernya, Klopp belum sekalipun pernah main melawan klub-klub dari Portugal, apalagi main di Do Dragao, markas Porto. Meski begitu, para pelatih Portugis lebih sering mengecewakannya.

Jose Mourinho, Marco Silva dan Carlos Carvalhal barisan Portugis yang sudah membuat Klopp tak mampu memberi kemenangan bagi The Reds. Nah, apa yang terjadi jika Klopp diadu dengan pelatih Portugis lainnya seperti Sergio Conceicao? ''Itu (tren buruk melawan pelatih-pelatih berkebangsaan Portugal) takkan saya pikirkan,'' koar Klopp, seperti dikutip Mais Futebol.

Klopp, kali terakhir mampu memenangi adu taktik di laga kompetitif melawan pelatih Portugis itu pada 31 Oktober 2015. Kala itu, dia masih “anak” baru di Liverpool, dan mengalahkan Mourinho yang masih di Chelsea 1-3.

Setelah itu dewi fortuna tak pernah berpihak pada Klopp. Enam head to head berikutnya melawan pelatih-pelatih Portugis, Klopp yang selama berkarir di Liga Champions baru berhasil mencatatkan 47,6 persentase menang itu lebih sering tertahan. Empat kali imbang. Marco Silva dan Carlos Carvalhal jadi duo Portugis yang sukses adu taktik dengannya.

Silva bersama Hull City musim lalu, dan Carvalhal baru dua pekan lalu mempecundangi Klopp di Liberty, kandang Swansea. Susahnya Klopp membekuk klub-klub yang diasuh pelatih berkebangsaan Portugal itu segaris dengan tren kurang bagus Liverpool ketika berkunjung ke Do Dragao.

Dua kali datang, dua kali imbang, dan terakhir terjadi pada satu dekade silam dalam fase grup Liga Champions 2007-2008. Gelandang Liverpool Georginio Wijnaldum menganggap, ini bisa jadi momen pembuktian bagi Klopp dan Jordan Henderson dkk. ''Leg pertama sangat vital, dan itu tak boleh kami lewatkan,'' sebut Gini, dikutip situs resmi klub.

Apalagi selama main di Liga Champions satu dekade terakhir, Liverpool tak mengakrabi kemenangan. Dari 16 kali lawatan di Liga Champions cuma enam di antaranya yang dimenangi klub juara edisi 2004-2005 itu. Dengan bekal agresivitas terbaik kedua di Premier League, Wijnaldum konfiden bisa mengubah nasib di Do Dragao.

Pelatih Liverpool punya catatan buruk saat bertemu dengan tim yang dilatih pria Portugal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News