JPNN.com

Portugal jadi Negara Pertama Juara UEFA Nations League

Senin, 10 Juni 2019 – 09:21 WIB Portugal jadi Negara Pertama Juara UEFA Nations League - JPNN.com

jpnn.com, PORTO - Portugal mencatat rekor sebagai negara pertama yang menjadi juara UEFA Nations League. Tim racikan Fernando Santos itu memastikannya usai mengalahkan Belanda dalam laga final yang digelar di Stadion Do Dragao, Senin (10/6) dini hari WIB. Portugal menang 1-0 lewat gol Goncalo Guedes pada menit 60.

UEFA Nations League 2018-2019 merupakan edisi pertama. Gelaran ini digulirkan dengan maksud menambah sisi kompetitif negara-negara Eropa karena sistemnya dibagi grup berdasarkan koefisien dan ada sistem degradasi-promosi.

Sesuai regulasi, tim-tim yang memperebutkan gelar juara adalah yang berkiprah di League A atau Nations League A. Dalam formatnya, League A terdiri dari 4 grup yang masing-masing terdapat tiga negara. Negara-negara di dalamnya merupakan yang memiliki koefisien lebih tinggi dibanding negara-negara yang tergabung di League B dan di bawahnya lagi.

Portugal melaju ke final usai menyingkirkan Swiss di semifinal dengan skor 3-1. Sementara itu, Belanda mengalahkan Inggris dengan skor sama 3-1, namun lewat babak perpanjangan waktu.

(Baca Juga: Portugal Vs Belanda: Perjalanan ke Final UEFA Nations League)

Tampil di depan publik sendiri, Portugal tampil dengan kekuatan terbaik. Fernando Santos menurunkan Cristiano Ronaldo yang ditopang Goncalo Guedes dan Bernardo Silva. Seleccao das Quinas mampu mendominasi jalannya laga dengan lebih banyak melepaskan tembakan. Namun, hingga babak pertama berakhir, tak ada gol yang tercipta.

Dalam laga, Ronaldo berhasil dimatikan atau dibatasi ruang geraknya oleh duet bek yang tengah dalam performa terbaik, Virgil van Dijk dan Matthijs de Ligt. Beberapa kali Ronaldo kerepotan untuk melepaskan diri dari pengawalan keduanya.

Pada babak kedua, Portugal terus berupaya untuk menggedor pertahanan kokoh Belanda. Sementara, De Oranje – julukan Timnas Belanda, yang ditukangi Ronald Koeman, tak ketinggalan memberikan tekanan ke jantung pertahanan Portugal yang dikawal Jose Fonte.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...