Pose Tak Sopan, Artis Iran Dilarang Pulang

Pose Tak Sopan, Artis Iran Dilarang Pulang
Golshifteh Farahani. Foto : deccanchronicle.com
PARIS - Gara-gara dinilai tampil tidak sopan karena berpose telanjang di majalah berita Perancis Madame Le Figaro, seorang artis Iran dicekal oleh negaranya. Kemarin (19/1), koran Daily Mail melaporkan bahwa pemerintahan Presiden Mahmoud Ahmadinejad minta aktris Golshifteh Farahani, 28, tak pulang atau kembali ke negaranya.

 

Negeri Para Mullah tersebut tidak mau lagi menerima kehadiran model cantik yang pernah beradu akting dengan aktor Leonardo DiCaprio dalam film Body of Lies tersebut. Farahani merupakan artis Iran pertama yang tampil dalam film  Hollywood.

 

"Pejabat Kementerian Budaya dan Panduan Islami memberitahu saya bahwa Iran tidak membutuhkan seniman atau pemain film," tutur Farahani. Teheran juga meminta pekerja seni yang selama setahun terakhir menetap di Kota Paris, Prancis, itu mencari "negara" lain. Jadi, dia bisa menyalurkan bakatnya dalam berkesenian tanpa melanggar hukum di Iran.

 

Keputusan Teheran itu membuat hubungan Faharani dengan pemerintahan Ahmadinejad kian renggang. Pada 2008, tepat setelah Body of Lies dirilis, pemeran perawat bernama Aisha dalam film yang disutradari Ridley Scott tersebut menuai kecaman Teheran. Pemerintah Iran pun lantas melarang lawan main aktor DiCaprio dan Russell Crowe tersebut meninggalkan Iran.

 

PARIS - Gara-gara dinilai tampil tidak sopan karena berpose telanjang di majalah berita Perancis Madame Le Figaro, seorang artis Iran dicekal oleh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News