Posisikan Petani Pahlawan Devisa, Asian Agri Bagi Rp 2,6 Miliar

Posisikan Petani Pahlawan Devisa, Asian Agri Bagi Rp 2,6 Miliar
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita (keenam dari kanan) bersama Sekjen Kementrian Perdagangan, Srie Agustina (kedua dari kanan) dan Direktur Asian Agri, Freddy Widjaya (kelima dari kiri) menghadiri acara pembagian premi penjualan minyak sawit lestari petani plasma binaan Asian Agri, Rabu (21/12) di Jakarta. Foto for JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Direktur Asian Agri, Freddy Widjaya membagikan dana sebesar Rp 2,626.393.806 kepada perwakilan asosiasi KUD yang menaungi sekitar 29.000 petani plasma kelapa sawit. 

Ada enam perwakilan. Para petani ini mewakili petani plasma di Provinsi Riau dan Jambi yang telah memperoleh sertifikasi berkelanjutan di bidang kelapa sawit (Sustainable Palm Oil Certification).

“Sejak tahun 2011, Asian Agri secara konsisten mendampingi petani plasmanya memperoleh sertifikat internasional baik RSPO maupun ISCC. Pasar internasional, terutama negara-negara Eropa, merupakan pasar yang potensial bagi ekspor minyak sawit bersertifikasi internasional, sedangkan premi yang dihasilkan nantinya merupakan insentif tambahan bagi petani,” kata Freddy di Jakarta, Rabu (21/12) yang turut disaksikan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita. 

Menurut Freddy, pemberian dana tersebut merupakan penghargaan dan apresiasi kepada para petani kelapa sawit sebagai Pahlawan Devisa dan khususnya kepada petani binaan Asian Agri yang telah menerapkan praktik perkebunan berkelanjutan.

Kemitraan dengan petani sawit memungkinkan Asian Agri secara konsisten mendampingi petani untuk memperoleh hasil yang optimal dan berkelanjutan sehingga memperoleh kepastian akses dan pasar ekspor.

Freddy menjelaskan bahwa pembagian premi (premium sharing) ini merupakan komitmen perusahaan untuk terus mendukung industri sawit Indonesia yang berkelanjutan.

Pembagian premi penjualan minyak sawit berkelanjutan tahun 2015 ini kepada 6 asosiasi KUD yang menangungi lebih dari 71 KUD untuk petani plasma binaan yang mengelola 60,000 ha kebun sawit.

“Kami berharap premi yang diserahkan ini akan dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan petani secara kolektif, seperti perbaikan infrastruktur desa, pelatihan praktik ramah lingkungan, peningkatan kapasitas petani maupun hal-hal lain untuk kesejahteraan petani," kata Freddy. 

JPNN.com - Direktur Asian Agri, Freddy Widjaya membagikan dana sebesar Rp 2,626.393.806 kepada perwakilan asosiasi KUD yang menaungi sekitar 29.000

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News