Potensi Listrik dari Laut Capai 727 MW

Potensi Listrik dari Laut Capai 727 MW
Potensi Listrik dari Laut Capai 727 MW
JAKARTA - Indonesia diketahui memiliki potensi energi laut yang memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif sebesar 49 ribu megawatt (MW). Jumlah tersebut sangat kecil dibandingkan potensi energi dari panas laut, gelombang laut dan arus laut di tanah air yang diperkirakan mencapai 727 ribu MW.

"Meskipun luas wilayah laut Indonesia tiga kali lebih besar dari luas daratan, namun kegiatan pemanfaatan energi laut untuk pembangkit lisrtik belum berkembang," ujar Anggota Dewan Energi Nasional Mukhtasor dalam keterangan tertulisnya,Selasa (19/7).

Dari potensi sumber energi laut sebesar 49 ribu MW, DEN menilai industri industri berbasis teknologi gelombang dan teknologi arus pasang surut merupakan sektor yang paling siap untuk pemanfaatan energi alternatif ini. Dari kedua industri tersebut, diperkirakan potensi tambahan pasokan energi bisa mencapai 6 ribu MW.

Mukhtasor mengatakan, Indonesia sebetulnya sudah memiliki pijakan pengembangan energi laut dalam UU No 30/2007 tentang Energi dan UU No 17/2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional. Namun, menurutnya , peta jalan pengembangan energi laut dan  Rencana Umum Kelistrikan Nasional belum mengakomodasi pemanfaatan energi laut hingga saat ini.  "Kondisi itu terjadi diantaranya karena belum tersedianya informasi potensi energi laut yang secara ekonomis  dapat dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik," ungkapnya.

JAKARTA - Indonesia diketahui memiliki potensi energi laut yang memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif sebesar 49 ribu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News