Potensi Listrik PLTA Indonesia 75 Gigawatt

Kementerian PU Gandeng Investor Korea Bangun PLTA

Potensi Listrik PLTA Indonesia 75 Gigawatt
Potensi Listrik PLTA Indonesia 75 Gigawatt
JAKARTA - Kondisi geografis Indonesia yang memiliki banyak sumber air mengandung potensi listrik sangat besar. Diperkirakan, potensi listrik yang berasal dari tenaga air saja bisa mencapai 75.000 megawatt (MW) atau 75 gigawatt (GW). Namun, potensi yang saat ini memungkinkan untuk dikembangkan baru mencapai 22.000 MW.

Potensi besar tersebut disampaikan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto usai penandatanganan MoU pembangunan PLTA Muaro Julai di Kantor Kementerian PU kemarin (1/4). Potensi tersebut memang sangat besar, dan ironisnya masih banyak masyarakat yang belum bisa menikmati listrik.

Hinga akhir tahun 2012, masih ada sekitar 20 persen masyarakat Indonesia yang belum menikmati listrik. Selebihnya telah menikmati listrik dengan kondisi yang beragam. Untuk memompa potensi tersebut, Kementerian PU menggandeng investor asing untuk membangun PLTA.

Investor asing tersebut adalah Korea Midland Power dari Korea Selatan, yang akan membangun PLTA Muaro Juloi di Kalimantan Tengah. "PLTA ini berkapasitas 280 megawatt, dan menjadi PLTA terbesar di Indonesia," terang Djoko. Kapasitas itu jauh di atas PLTA Jatigede sebesar 120 MW.

JAKARTA - Kondisi geografis Indonesia yang memiliki banyak sumber air mengandung potensi listrik sangat besar. Diperkirakan, potensi listrik yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News