POTRADNAS IX 2023 Jadi Sport Tourism, Sport Industri dan Gunakan Teknologi Mutahir

POTRADNAS IX 2023 Jadi Sport Tourism, Sport Industri dan Gunakan Teknologi Mutahir
Kemenpora akan menggelar POTRADNAS IX 2023 yang dihelat di Open Space Gallery Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pada 12 hingga 15 Juni mendatang. Foto: Dok Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Kemenpora akan menggelar Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (POTRADNAS) IX 2023 yang dihelat di Open Space Gallery Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pada 12 hingga 15 Juni mendatang.

Para pesertanya merupakan para kawula muda berusia 15-22 tahun yang terdiri dari 20 orang dari tiap provinsi yang ada di Indonesia.

Terdapat lima jenis olahraga tradisional yang akan dipertandingakan pada POTRADNAS IX Tahun 2023 ini, seperti Hadang, Egrang, Sumpitan, Terompah Panjang dan Gasing.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan bahwa melalui POTRADNAS IX Tahun 2023 ini, meski menggelar permainan tradisional, ini juga akan menjadi sport tourism serta sport industri dimana akan banyak orang dari seluruh pelosok Indonesia akan menyambangi Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, lokasi digelarnya pekan olahraga tradisional tersebut.

"Meskipun memainkan olahraga tradisional, melalui POTRADNAS IX ini akan banyak turis minimal lokal yang akan datang ke Kuningan, Jawa Barat, sehingga industri pariwisata di lokasi perhelatan akan jalan yang diikuti oleh industri kuliner, dimana UMKM setempat pun bergerak, sehingga selain sport tourism, sport industri pun akan terjadi melalui ajang ini," ucap Menpora Dito.

Menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju itu menyebut, uniknya dari ajang ini diikuti oleh oleh para kawula muda berusia 15 hingga 22 tahun yang merupakan citra tradisional sekaligus menjaga kelestarian olahraga tradisional asli Indonesia.

"Olahraga ini merupakan tradisi turun-temurun pendahulu kita. Karena itu, upaya menjaga olahraga tradisional harus dilakukan dan menjadi tugas anak muda yang harus terus melestarikannya," tambah Menpora Dito.

Di sisi lain, Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengatakan bahwa melalui POTRADNAS IX Tahun 2023 ini akan menggunakan teknoligi terkini dalam sistem penilaian.

Kemenpora akan menggelar POTRADNAS IX 2023 yang dihelat di Open Space Gallery Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pada 12 hingga 15 Juni mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News