PPP Usul Biaya Paspor Jamaah Ditanggung Pemerintah

PPP Usul Biaya Paspor Jamaah Ditanggung Pemerintah
PPP Usul Biaya Paspor Jamaah Ditanggung Pemerintah

JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI, Ahmad Fauzan Harun meminta biaya pembuatan paspor jamaah haji ditanggung negara melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Selama ini menurut Ahmad Fauzan Harun, biaya paspor itu telah dialokasikan oleh Kementerian Agama, (Kemenag), tapi jamaah membayar sendiri ke Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Ham.

"Usul saya, alokasi dana tersebut benar-benar dieksekusi untuk biaya paspor jamaah haji dan Ditjen Imigrasi tidak pungut lagi biaya paspor jamaah haji," kata Achmad Fauzan Harun, dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Ditjen Imigrasi Kemenkumham, di Gedung Nusantara II, kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (1/2).

Menurut politikus PPP ini, sama halnya dengan Kementerian Kesehatan, semua yang berhubungan dengan pendanaan kesehatan, dibiayai dari APBN. Mestinya seluruh paspor termasuk biaya manasik haji juga ditanggung oleh APBN.

"Kongritnya, semua yang ingin menunaikan ibadah haji, biaya paspornya dan manasik haji gratis karena dibiayai dari APBN. Sama halnya dengan Kementerian Kesehatan yang dibiayai oleh APBN untuk melayani seluruh jamaah haji Indonesia yang sakit selama menjalankan ibadah haji," pungkasnya.(fas/jpnn)

JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI, Ahmad Fauzan Harun meminta biaya pembuatan paspor jamaah haji ditanggung negara melalui Anggaran Pendapatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News