PPPK 2022: Bu Titi Minta Honorer K2 Tenaga Teknis Administrasi Lulusan SMA Diberikan Asesi

PPPK 2022: Bu Titi Minta Honorer K2 Tenaga Teknis Administrasi Lulusan SMA Diberikan Asesi
Dewan Pembina Perkumpulan Hononer K2 Indonesia (PHK2I) Titi Purwaningsih meminta agar honorer K2 tenaga teknis administrasi lulusan SMA diberikan asesi agar bisa ikut tes PPPK 2022. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pembina Perkumpulan Honorer K2 Indonesia (PHK2I) Titi Purwaningsih merespons positif keputusan MenPAN-RB Tjahjo Kumolo yang memberikan kebijakan khusus bagi honorer K2 dalam rekrutmen PPPK 2022.

Untuk formasi instansi daerah pada seleksi PPPK 2022, KemenPAN-RB meminta pengusulan diutamakan pada jabatan-jabatan yang dimungkinkan diisi honorer K2.

Titi Purwaningsih menilai kebijakan itu merupakan kesempatan besar bagi honorer K2 terutama tenaga teknis administrasi untuk mendapatkan status aparatur sipil negara (ASN).

"Akhirnya surat KemenPAN-RB ke luar juga. Ini harus diapresiasi," kata Titi kepada JPNN.com, Selasa (26/10).

Titi memikirkan banyaknya honorer K2 tenaga teknis administrasi lulusan SMA, SMP, dan SD. Jika pemerintah hanya membuka formasi PPPK untuk lulusan D3 maka ada banyak honorer K2 yang tidak terakomodir.

Sebagai solusinya, Titi meminta pemerintah memberikan asesi kepada honorer K2 lulusan SMA. Asesi ini pernah diberikan kepada 5.000 PPPK 2019 penyuluh pertanian yang merupakan lulusan SMA.

"Karena penyuluh pertanian tidak bisa lulusan SMA, ada kebijakan asesi dari mentan. Alhamdulillah, setelah asesi mereka mendapatkan sertifikat kompetensi dan diangkat PPPK," tuturnya.

Titi yang kini guru PPPK meminta pemerintah harus adil memperlakukan honorer K2.

Bu Titi Purwaningsih meminta agar honorer K2 tenaga teknis administrasi lulusan SMA diberikan asesi supaya bisa ikut seleksi PPPK 2022.