Prabowo Anggap Pertahanan RI Lemah, Ini Peringkat TNI di Daftar Dunia

Prabowo Anggap Pertahanan RI Lemah, Ini Peringkat TNI di Daftar Dunia
Prabowo Subianto dalam Debat Capres yang digelar KPU di Shangri-La Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Calon Presiden (Capres) 02 Prabowo Subianto dalam debat kandidat Pilpres 2019, Sabtu (30/3) beberapa kali melontarkan keraguannya tentang kemampuan Indonesia di bidang pertahanan. Dalam debat bertema ideologi, pemerintahan, pertahananan dan keamanan, serta hubungan luar negeri itu, Prabowo menganggap Indonesia tak punya cukup uang untuk mempertahankan kedaulatan wilayah.

"Pertahanan Indonesia terlalu lemah, jauh dari yang diharapkan karena tidak punya uang," kata Prabowo saat debat keempat Pilpres 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3).

Baca juga: Prabowo: Pertahanan Indonesia Lemah, Kok Kalian Tertawa

Benarkah keraguan Prabowo? Situs Global Fire Power yang berfokus pada masalah-masalah kemiliteren mencatat Indonesia sebagai kekuatan yang patut diperhitungkan.

Pada 2014, kekuatan militer Indonesia menempati peringkat ke-19 di dunia. Posisi itu menempatkan Indonesia sebagai negara dengan militer terkuat di Asia Tenggara.

Setahun kemudian power index Indonesia meningkat ke peringkat ke-12. Dengan power index 0,5321, Indonesia berada di bawah Israel, namun menyalip Australia.

Prabowo Subianto meragukan kemampuan RI di bidang pertahanan, namun situs Global Fire Power yang berfokus pada masalah-masalah kemiliteren mencatat Indonesia sebagai kekuatan yang patut diperhitungkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News