Prabowo Bicara Rasio Gini Hingga Piala Dunia, Semua Negatif

Prabowo Bicara Rasio Gini Hingga Piala Dunia, Semua Negatif
Prabowo Subianto usai bertemu Zulkifli Hasan, Senin (25/6). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto membuka data tentang kondisi negara di rumah dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan, Senin (25/6). Mantan Komandan Jenderal Korps Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) TNI AD itu bahkan merasa cemas dengan kondisi yang ada.

Data tersebut disampaikan Prabowo agar masyarakat mengetahui kondisi sebenarnya. "Sebagai bangsa kita harus periksa kesehatan kita, dan kita bertanya apakah benar negara kita sekarang adalah kuat, apa negara kita sehat," ucap Prabowo dalam sambutannya.

Dia lantas memaparkan indikator umum sebagai gambaran kondisi negara saat ini. Salah satunya gini rasio di Indonesia yang menurut lembaga-lembaga internasional kurang lebih 45. Artinya 1 persen rakyat menguasai 45 persen kekayaan bangsa Indonesia.

"Ini dari bank internasional yang menilai itu. Kemudian kalau lihat dari segi tanah, lembaga-lembaga internasional termasuk Badan Pertanahan Indonesia sendiri, BPN, 80 persen tanah kita dikuasai oleh satu persen bangsa Indonesia," sebut Prabowo.

Bahkan, data terbaru 2018 yang dikeluarkan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) menyebut luas lahan yang dikuasai perusahaan swasta itu 82 persen. Hal itu, kata Prabowo, merupakan bagian dari indikator.

Begitu pula data Oxfam dan Internatonal NGO Forum on Indonesia Development (INFID) menyebutkan, aset empat orang kaya di Indonesia setara dengan kekayaan 100 juta orang miskin.

"Ini indikator. Kita bertanya, apakah ini sehat atau tidak. Apa negara kita sehat, empat orang memiliki kekayaan sama dengan lebih dari 100 juta rakyat Indonesia. Kita bertanya," ucap Prabowo.

Dia menyatakan data tersebut bukan kesalahan yang dia cari-cari, tapi memang begitulah kondisinya. Dia juga tidak ingin negara ini kolaps disebabkan kekayaannya terus-terusan mengalir ke luar negeri.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto membuka data tentang kondisi negara di rumah dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan, Senin (25/6)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News