JPNN.com

Prabowo dan Jokowi Tolong Segera Rekonsiliasi, Rakyat Sudah Lama Terpecah

Selasa, 09 Juli 2019 – 19:16 WIB Prabowo dan Jokowi Tolong Segera Rekonsiliasi, Rakyat Sudah Lama Terpecah - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia Ari Junaedi menilai, rekonsiliasi dua kubu yang berseteru di Pilpres 2019 sangat dibutuhkan setelah penetapan pasangan presiden dan wapres oleh KPU.

Rekonsiliasi dinilai sangat penting untuk mendinginkan suasana di akar rumput. Selain itu, juga untuk mendamaikan di kalangan pendukung fanatik masing-masing kubu.

"Rekonsiliasi wajib dilakukan oleh para elite agar bisa memberi contoh teladan, bahwa persoalan pilpres hanya sebatas kompetisi yang lumrah di era demokrasi," ujar Ari kepada JPNN, Selasa (9/7).

BACA JUGA : Moeldoko Sebut Rekonsiliasi Jokowi - Prabowo Tidak Penting Lagi, Semua Sudah Selesai

Ari kemudian mengingatkan, Joko Widodo, Maruf Amin maupun Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahudin Uno adalah putra-putra terbaik bangsa.

Karena itu, siapapun presiden dan wakil presiden terpilih sepenuhnya pelayan rakyat untuk semua golongan.

"Ingat, rakyat sudah terbelah karena permainan politik identitas dan strategi hoaks yang mensegregasi anak bangsa. Cukup sudah drama dan aksi di Pilpres 2019, saatnya sekarang menjadi ajang pembuktian presiden dan wakil presiden terpilih untuk membuktikan janji kampanyenya," ucap Ari.

Demikian juga bagi pasangan Prabowo-Sandi yang kalah di Pilpres 2019, pembimbing disertasi di pasca sarjana Universitas Padjajaran ini menilai sebaiknya berlapang dada dan mampu menjadi kritikus yang konstruktif bagi pemerintahan Jokowi-Amin nantinya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...