Prabowo dan Jokowi Tolong Segera Rekonsiliasi, Rakyat Sudah Lama Terpecah

Prabowo dan Jokowi Tolong Segera Rekonsiliasi, Rakyat Sudah Lama Terpecah
Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia Ari Junaedi menilai, rekonsiliasi dua kubu yang berseteru di Pilpres 2019 sangat dibutuhkan setelah penetapan pasangan presiden dan wapres oleh KPU.

Rekonsiliasi dinilai sangat penting untuk mendinginkan suasana di akar rumput. Selain itu, juga untuk mendamaikan di kalangan pendukung fanatik masing-masing kubu.

"Rekonsiliasi wajib dilakukan oleh para elite agar bisa memberi contoh teladan, bahwa persoalan pilpres hanya sebatas kompetisi yang lumrah di era demokrasi," ujar Ari kepada JPNN, Selasa (9/7).

BACA JUGA : Moeldoko Sebut Rekonsiliasi Jokowi - Prabowo Tidak Penting Lagi, Semua Sudah Selesai

Ari kemudian mengingatkan, Joko Widodo, Maruf Amin maupun Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahudin Uno adalah putra-putra terbaik bangsa.

Karena itu, siapapun presiden dan wakil presiden terpilih sepenuhnya pelayan rakyat untuk semua golongan.

"Ingat, rakyat sudah terbelah karena permainan politik identitas dan strategi hoaks yang mensegregasi anak bangsa. Cukup sudah drama dan aksi di Pilpres 2019, saatnya sekarang menjadi ajang pembuktian presiden dan wakil presiden terpilih untuk membuktikan janji kampanyenya," ucap Ari.

Demikian juga bagi pasangan Prabowo-Sandi yang kalah di Pilpres 2019, pembimbing disertasi di pasca sarjana Universitas Padjajaran ini menilai sebaiknya berlapang dada dan mampu menjadi kritikus yang konstruktif bagi pemerintahan Jokowi-Amin nantinya.

Rekonsiliasi kubu Prabowo dan Jokowi yang berseteru di Pilpres 2019 sangat dibutuhkan setelah penetapan pasangan presiden dan wapres oleh KPU.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News