Prabowo dan SBY Bertemu Tapi Hasil Belum Jelas

Prabowo dan SBY Bertemu Tapi Hasil Belum Jelas
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Foto: Bagas Bimantara/Radar Madiun/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Said Salahudin memprediksi pertemuan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) belum akan menghasilkan satu kesepakatan akhir terkait pembentukan koalisi.

Pertemuan yang digelar di kediaman SBY, di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa (24/7) malam itu diprediksi akan berlanjut di lain waktu dengan bahasan yang sama. 

Said memprediksi, agenda pertemuan masih membahas seputar pematangan rencana koalisi antara Partai Gerindra, Partai Demokrat dan beberapa parpol lain.

"Jadi, Prabowo datang ke rumah SBY saya kira masih dalam rangka 'ta'aruf' politik antara Gerindra dan Demokrat. Belum sampai pada acara 'khitbah' atau malam pinangan Prabowo kepada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)," ujar Said di Jakarta.

Menurut Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) ini, kalau kedatangan Prabowo sudah sampai pada tahap meminang, tak hanya petinggi Gerindra yang datang. Tapi juga partai lain seperti PKS dan PAN.

"Saya menduga, selain akan mematangkan pembicaraan seputar rencana kerja sama politik, Prabowo juga datang untuk membicarakan soal sikap PKS dan PAN dalam hal koalisi yang dibangun nantinya menyepakati duet Prabowo-AHY," ucapnya.

Menurut Said, Prabowo perlu menjelaskan kepada SBY mengenai sikap dari parpol lain yang sudah dijajaki sebelumnya, terutama dari PKS dan PAN, apabila Prabowo diduetkan dengan AHY.

Selain itu, kata Said kemudian, Prabowo juga perlu menggambarkan kepada SBY terkait sikap PKS dan PAN bilamana opsinya dia harus disandingkan dengan tokoh selain AHY.

Pertemuan Prabowo Subianto dan SBY diprediksi belum sampai tahap meminang AHY untuk jadi cawapres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News