Prabowo Diserang Hoaks Mundur Capres, Bagaimana Faktanya?

Prabowo Diserang Hoaks Mundur Capres, Bagaimana Faktanya?
Sebuah pesan berantai yang menyebutkan Prabowo Subianto mundur dari pencalonan sebagai presiden 2024 telah beredar di dunia maya. Foto: Facebook

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah pesan berantai yang menyebutkan Prabowo Subianto mundur dari pencalonan sebagai presiden 2024 telah beredar di dunia maya. Kabar kebohongan ini beredar di beberapa sosial media, YouTube, Facebook, dan WhatsApp.

Di YouTube, kabar hoax tersebut diunggah oleh channel RADAR BERITA berjudul “MENGEJUTKAN! PRABOWO MUNDUR DARI JABATANNYA!!TAK INGIN TERJERUMUS KEJALAN BUSUK JOKOWI.”

Video itu telah ditonton sebanyak 29.000.

Namun setelah dicek kebenarannya, isi video itu berisi kabar yang tidak benar atau hoaks.

Video tersebut berisikan potongan-potongan gambar yang dirangkai menjadi sebuah berita bohong.

Salah satu gambar yang dirangkai ialah video pernyataan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengenai pengunduran diri mantan Menteri KKP Edhy Prabowo pada 28 November 2020.

Adapun di Facebook dan WhatsApp beredar teks berantai yang pada bagian bawahnya tertanda “Moh. Naufal Dunggio, Aktivis dan Ustadz Kampung Bekasi.”

Berdasarkan penelusuran di mesin pencarian Google, nama tersebut pernah keluar sebagai caleg DPR RI untuk dapil Gorontalo dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan beberapa kali dikutip sebagai pengamat politik.

Sebuah pesan berantai yang menyebutkan Prabowo Subianto mundur dari pencalonan sebagai presiden 2024 telah beredar di dunia maya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News