Prabowo-Gibran Unggul Telak di Kalimantan Timur

Prabowo-Gibran Unggul Telak di Kalimantan Timur
Pelaksanaan pleno rekapitulasi suara KPU Provinsi Kaltim yang digelar 8-10 Maret 2024. (ANTARA/Ahmad Rifandi)

jpnn.com - SAMARINDA - Pasangan Capres-Cawapres RI nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul telak di Kalimantan Timur, berdasar data pleno rekapitulasi suara Pemilihan Umum 2024 Komisi Pemilihan Umum Kaltim. Prabowo-Gibran meraih 1.542.346 suara di Kaltim.

Dalam rapat pleno terbuka berlangsung hingga Minggu sore tersebut, Pasangan Capres-Cawapres RI nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di posisi kedua dengan 448.046 suara. Pasangan Capres-Cawapres RI nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat 240.143 suara.

"Jumlah suara sah Kalimantan Timur untuk pilpres yang masuk adalah 2.230.535 suara, sedangkan jumlah suara tidak sah adalah 47.506 suara. Jumlah suara sah dan tidak sah ialah 2.278.041 suara," kata Ketua KPU Kaltim Fahmi Idris di Samarinda, Minggu (10/3).

Dari saksi tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden, hanya paslon nomor urut 2 yang menandatangani berita acara hasil rekapitulasi Pilpres 2024.

Fahmi mengatakan saksi paslon nomor urut 1 dan 3 tidak mau menandatangani berita acara hasil Pemilu 2024 karena memiliki keberatan atau catatan terkait dengan proses pemilu.

"Tidak bertanda tangan pun, mekanisme terus berjalan. Artinya tetap dilakukan sesuai tahapan yang ada. Jadi, kita tidak ada masalah," ujar Fahmi.

Dia mengatakan bahwa hal itu tidak mengganggu mekanisme pengumuman hasil pemilu yang sudah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2024.

Fahmi menambahkan untuk hasil pemilu legislatif, semua saksi dari partai politik yang lolos ke DPR RI menandatangani berita acara hasil rekapitulasi tersebut, kecuali dari Partai Demokrat yang mengajukan keberatan terkait dengan perolehan suara.

Prabowo-Gibran unggul telak di Kalimantan Timur. Prabowo-Gibran meraih 1.542.346 suara di Kaltim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News