Prabowo Rahasiakan Persiapan, Jokowi Gelar Simulasi

Prabowo Rahasiakan Persiapan, Jokowi Gelar Simulasi
Prabowo Rahasiakan Persiapan, Jokowi Gelar Simulasi

JAKARTA - Debat calon presiden dan calon wakil presiden putaran I dimulai hari ini. Dua pasangan calon memiliki pemanasan tersendiri untuk bisa merebut simpati rakyat dalam debat capres-cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu.
 
Kubu pasangan calon Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa tidak ada persiapan khusus yang dijalani.

Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Hatta Mahfud M.D. menyatakan, kapasitas Prabowo-Hatta tidak memerlukan persiapan khusus untuk menjalani debat. Prabowo-Hatta, menurut Mahfud, sudah terbiasa berdiskusi dan berdebat dalam keseharian.  

"Tidak mesti ada persiapan khusus. Mereka sudah tahu apa yang akan diperbuat untuk bangsa ini. Materi-materi debat juga sudah mereka kuasai," kata Mahfud di Rumah Polonia kemarin.
 
Menurut Mahfud, Prabowo-Hatta sudah sangat siap menjalani debat. Karena itu, hari-hari menjelang debat saat ini hanya diisi kegiatan internal dan juga kegiatan kampanye. Misalnya, kemarin Prabowo berziarah ke makam mantan Presiden Soeharto. "Kalau nanti pakai persiapan, malah kaku. Jadi yang rileks saja," ujarnya.
 
Berbeda dengan Mahfud, Juru Debat Nasional Tim Pemenangan Prabowo-Hatta Didik J. Rachbini mengisyaratkan adanya persiapan untuk debat. Namun, Didik tidak membeberkan seperti apa persiapan yang dilakukan Prabowo-Hatta untuk debat yang disiarkan langsung secara nasional tersebut. "Itu rahasia dapur. Lihat saja nanti," kata Didik saat dihubungi.
 
Di kubu yang lain, capres Joko Widodo memilih melakukan persiapan khusus menghadapi tahapan debat hari ini. Kemarin capres yang diusung PDIP beserta partai koalisinya itu mendapat pembekalan dan simulasi dari sejumlah pakar yang menjadi bagian tim pemenangannya.
 
Pembekalan sekitar dua jam itu dilakukan secara tertutup di sebuah rumah di Jalan Subang, Menteng, Jakarta. Di antara yang datang adalah analis politik sekaligus pendiri Soegeng Sarjadi Syndicate Sukardi Rinakit, Direktur Eksekutif Cyrus Surveyor Group Andrinov Chaniago, dan pengamat politik dari UGM Ari Dwipayana.    
 
"Ya, tadi bikin persiapan buat (debat capres) besok (hari ini, Red)," kata Jokowi setelah pertemuan. Menurut dia, tidak ada hal-hal khusus yang disampaikan tiga pakar tersebut. Hanya hal-hal umum seputar pemerintahan, demokrasi, dan hukum.  "Besok saja lah didengerin sendiri," ujar gubernur DKI Jakarta itu.
 
Debat capres dan cawapres putaran I malam nanti disiarkan secara langsung oleh tiga stasiun TV. Yakni, SCTV, Indosiar, dan Berita Satu. Tema debat yang digelar di Balai Sarbini, Jakarta, nanti adalah pembangunan demokrasi, pemerintahan yang bersih, dan kepastian hukum.

KPU telah menunjuk Direktur Eksekutif Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) Zainal Arifin Mochtar sebagai moderator. (bay/dyn/c4/fat)


JAKARTA - Debat calon presiden dan calon wakil presiden putaran I dimulai hari ini. Dua pasangan calon memiliki pemanasan tersendiri untuk bisa merebut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News