Prabowo Subianto Ikut Kena Imbas Screenshot Berita Hoaks

Prabowo Subianto Ikut Kena Imbas Screenshot Berita Hoaks
Prabowo Subianto dan Joko Widodo. Foto: Instagram prabowo

jpnn.com, JAKARTA - Level penyebaran kabar hoaks di Indonesia yang memanfaatkan screenshot berita editan mungkin sudah sampai level darurat.

Hampir setiap hari ada saja berita palsu dengan modus tersebut. Digunakan untuk menyerang siapa pun. Tak hanya pasangan calon presiden.

Misalnya, screenshot editan yang disebarkan fan page Kata Kita. Screenshot tersebut bertulisan, "Prabowo: Mengaji Tidak Dibutuhkan Dalam Memimpin Negara".

Posting-an yang juga dilengkapi foto Prabowo itu sebenarnya sudah lama. Tapi, tidak banyak yang curiga bahwa screenshot berita itu telah mengalami modifikasi.

Setelah ditelusuri, foto yang sama seperti dalam screenshot yang disebarkan Kata Kita ternyata pernah dipakai situs berita Gilangnews.com.

Situs itu menggunakan foto Prabowo untuk berita berjudul "Prabowo: Saya Kehilangan Ajudan, Ditembak Tidak Jelas".

Ketika itu Prabowo bercerita tentang ajudannya yang meninggal karena insiden penembakan. Insiden itu terjadi karena keributan di sebuah kawasan di Bogor.

Pernyataan Prabowo tersebut disampaikan saat perayaan HUT ke-10 Partai Gerindra di kantor DPP Gerindra, Ragunan, Jakarta, Sabtu ,10 Februari 2018.

Screenshot berita beredar tentang Prabowo yang bercerita tentang ajudannya meninggal karena insiden penembakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News