Prabowo Temui Luhut, Bahas Apa?

Prabowo Temui Luhut, Bahas Apa?
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dihujani interupsi saat mengikuti rapat bersama Komisi I DPR di Gedung DPR RI. Foto : Antara/ Aditya Pradana Putra/ama.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertandang ke kantor Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Jumat (3/1) sore.

Prabowo mengaku, kedatangannya guna melakukan koordinasi rutin hingga membahas soal klaim China atas perairan Natuna.

"Kita masing masing ada sikap. Kita harus cari satu solusi baik lah di ujungnya. Kita selesaikan dengan baik ya, bagaimanapun China negara sahabat," katanya usai pertemuan yang berlangsung kurang lebih dua jam itu.

Prabowo berharap masalah ini tidak mengganggu hubungan ekonomi di antara kedua negara. "Kita cool saja, kita santai kok," ujarnya.

Luhut meminta masalah klaim China atas perairan Natuna tidak dibesar-besarkan. Pasalnya, Indonesia tidak pernah mengakui klaim China atas Natuna karena tidak sesuai dengan keputusan Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS) 1982 yang menetapkan wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

"Kita enggak pernah mengakui itu. Sebenarnya sederhana kok, jadi enggak usah terlalu diributin," katanya.

Luhut menambahkan masalah itu juga tidak akan banyak mengganggu hubungan investasi kedua negara. Menurut Luhut masalah itu justru harus jadi refleksi untuk membenahi diri, yakni meningkatkan penjagaan di perbatasan.

Luhut mengakui saat ini Indonesia kurang mampu melakukan patroli di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). (antara/jpnn)

Luhut mengakui saat ini Indonesia kurang mampu melakukan patroli di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).


Redaktur & Reporter : Fajar W Hermawan

Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News