JPNN.com

Prajurit dan PNS Seskoal Terima Sosialisasi Tentang Bahaya Virus Corona

Jumat, 14 Februari 2020 – 21:50 WIB Prajurit dan PNS Seskoal Terima Sosialisasi Tentang Bahaya Virus Corona - JPNN.com
Prajurit dan PNS Seskoal menjadi peserta Sosialisasi dan Ceramah tentang bagimana mengenal Corona Virus Disease-19 (COVID-19) di Amphiteater Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta, Kamis (13/2). Foto: Dispen Seskoal

jpnn.com, JAKARTA - Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) menerima Sosialisasi dan Ceramah “Mengenal Corona Virus Disease-19 (COVID-19)”, yang berlangsung di Amphiteater Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (13/2).

Kegiatan Sosialisasi dan Ceramah ini diselenggarakan oleh Satuan Kesehatan (Satkes) Seskoal yang bekerja sama dengan Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) Marinir Cilandak.

Materi sosialisasi dan ceramah disampaikan oleh narasumber Letkol Laut (K) dr. Etra Ariadno, yang dimoderatori oleh dr. T. Nancy. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pelaksanaan simulasi 6 (enam) langkah cuci tangan dan pemakaian masker yang benar. Selain itu, etika batuk/bersin yang benar, kemudian diakhiri dengan pemberian cendera mata kepada narasumber.

Seperti yang kita ketahui virus Corona adalah jenis virus baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di China dan ke beberapa negara.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Untuk mencegah Virus Corona tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain gunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan,terutama bila beraktivitas di tempat umum., rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol setelah beraktivitas di luar ruangan. Oleh karena itu, perlu memastikan untuk memasak daging sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi, tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin.

Selanjutnya, buang tisu ke tempat sampah, jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan. “Hindari berdekatan dengan seseorang yang sedang sakit dan jaga kebersihan benda yang sering disentuh serta kebersihan lingkungan,” katanya.

Hadir dalam kegiatan ini Sekertaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (P) Apriyani, Kepala Satuan Kesehatan (Kasatkes) Seskoal Letkol Laut (K/W) dr. Agnes Indarti, para Pejabat Utama Seskoal, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Seskoal.(fri/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...