Prajurit TNI Bersama Warga Mengepung Anggota KSB, Menegangkan, Sukses Besar!

Prajurit TNI Bersama Warga Mengepung Anggota KSB, Menegangkan, Sukses Besar!
Barang bukti berupa senjata milik anggota KSB yang diamankan anggota Koramil Batom beserta warga dan Linmas, Selasa (7/9/2021). ANTARA/HO/Penerangan Korem 172/PWY

jpnn.com, JAYAPURA - Prajurit TNI Koramil 1715-05/Batom bersama warga yang tergabung dalam Linmas Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, mengepung anggota kelompok sipil bersenjata (KSB).

Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, merupakan salah satu wilayah yang berbatasan langsung dengan PNG.

Dari aksi pengepungan Selasa (7/9) di Distrik Oksibil tersebut, TNI Bersama warga berhasil menangkap dua anggota KSB Ngalum Kupel pimpinan Lamek Tablo.

Selain itu, lima pucuk senjata api berbagai jenis milik KSB dan barang bukti lainnya disita petugas.

Kronologis kejadian berawal saat warga melaporkan adanya perahu berpenumpang dua orang dari arah Papua Nugini (PNG) menuju Mongham yang merupakan basis KSB.

Danrem 172 PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan di Jayapura, Rabu (8/9), informasi dari masyarakat di kampung Abukerom menyebut ada orang tak dikenal (OTK) menggunakan perahu motor dari arah PNG menuju Mongham. Namun perahunya mengalami kerusakan di kampung Muara.

Anggota Koramil 1715-05/Batom dipimpin Sertu Ari Netson Arabia bersama warga dan anggota Linmas langsung bergerak.

Mereka menuju ke Kampung Muara dan melakukan pengepungan di pertengahan sungai Oksip–Mongham.

"Keduanya diamankan beserta isi perahu yang membawa lima pucuk senjata api," ungkap Brigjen TNI Izak seraya menyatakan apresiasi atas keberhasilan anggotanya dan warga menangkap anggota KSB.

Dua orang yang diamankan yaitu Yulian Uropmabin (36) dan Kapol Uropmabin (42). Saat ini mereka masih diamankan di Koramil Batom. (antara/jpnn)

Berikut ini kronologis parajurit TNI bersama warga mengepung anggota KSB di Pegunungan Bintang, Papua.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News