Prakiraan Cuaca Hari Ini, Sebagian Wilayah Indonesia Berpotensi Terkena Dampaknya

Prakiraan Cuaca Hari Ini, Sebagian Wilayah Indonesia Berpotensi Terkena Dampaknya
BMKG memberikan prakiraan cuaca hari ini, sebagian wilayah Indonesia berpotensi terkena dampak cuaca ekstrem. Ilustrasi Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah di Indonesia pada Senin.

Prakiraan cuaca hari ini Senin (21/3) hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Provinsi Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan.

"Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara," tulis BMKG dalam laman resmi BMKG.go.id, di Jakarta, Senin (21/3).

Kemudian, prakiraan cuaca hari ini juga menyebutkan hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Provinsi Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Utara, dan Sumatra Selatan.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati sebelumnya menyatakan wilayah Nusa Tenggara, Bali, dan sebagian Jawa diprakirakan memasuki musim kemarau pada April 2022, sementara sebagian Bali, Jawa, Sumatera, Kalimantan, Maluku dan Papua kemungkinan memasuki musim kemarau pada Mei 2022.

"Selain itu ada bagian wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua yang memasuki musim kemarau pada Juni 2022," ucap Dwikorita.

Kondisi cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai petir dan angin kencang serta hujan es berpeluang terjadi pada masa peralihan atau musim pancaroba. (antara/jpnn)

BMKG memberikan prakiraan cuaca hari ini, sebagian wilayah Indonesia berpotensi terkena dampak cuaca ekstrem


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News