Pramuka Tambah Umur, Semangat Jangan Luntur

PDIP Dorong Pemerintahan Jokowi-JK Peduli Pramuka

Pramuka Tambah Umur, Semangat Jangan Luntur
Pramuka Tambah Umur, Semangat Jangan Luntur

jpnn.com - JAKARTA - Hari ini (14/8) Praja Muda Karana (Pramuka) menginjak usia ke-54. Seiring bertambahnya usia, organisasi kepanduan itu diharapkan semakin menunjukkan perannya bagi bangsa dan negara.

Harapan itu muncul dari PDI Perjuangan yang menganggap Pramuka punya tempat istimewa. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, Pramuka merupakan wahana untuk menggembleng manusia Indonesia agar berjiwa disiplin, patriotik, serta berbudi pekerti luhur.

Menurutnya, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla sudah semestinya memberi perhatian khusus pada keberadaan Pramuka. "Pemerintah diharapkan memberi perhatian yang lebih besar kepada gerakan Pramuka sebagai wahana pengemblengan manusia Indonesia yang berkarakter, cinta tanah air dan memiliki kepedulian tinggi terhadap sesamanya," ujar Hasto melalui siaran pers ke media, Jumat (14/8).

Ia menjelaskan, Pramuka tak bisa dilepaskan dari perjalanan sejarah Indonesia. Bahkan sebelum proklamasi kemerdekaan RI, beberapa  organisasi kepanduan sudah lebih dulu berdiri.

Sedangkan sejarah ulang tahun Pramuka yang diperingati setiap 14 Agustus tak terlepas dari keputusan Presiden Soekarno melantik Majelis Pimpinan Nasional (Mapinas) pada tanggal yang sama tahun 1961. Proklamator RI itu sekaligus mengetuai Mapinas Pramuka.

Pramuka Tambah Umur, Semangat Jangan Luntur

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto: dokumen JPNN

Namun di era Orde Baru, kata Hasto, Pramuka justru mengalami pemandulan. Sebab, Pramuka hanya dijadikan kegiatan ekstrakurikuler.

JAKARTA - Hari ini (14/8) Praja Muda Karana (Pramuka) menginjak usia ke-54. Seiring bertambahnya usia, organisasi kepanduan itu diharapkan semakin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News