Prancis vs Kroasia: Road to Final

Prancis vs Kroasia: Road to Final
Prancis vs Kroasia. Foto: fifa

jpnn.com, MOSCOW - Suka atau tidak, final Piala Dunia 2018 akan mempertemukan Prancis vs Kroasia di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7) mulai pukul 22.00 WIB.

Dalam perjalanannya ke final, kedua negara sama-sama menjadi juara grup penyisihan. Prancis di grup C, sementara Kroasia jawara pul D.

Dua finalis punya keunggulan dan juga kelemahan. Ok! Berikut, berikut di bawah ini keunggulan dan kelemahan Prancis dan Kroasia yang dirangkum awak Jawa Pos. (io/ham/jpnn)

Kekuatan dan kelemahan
Prancis
Tim dengan materi komplet di Rusia. Lini tengah yang dihuni Paul Pogba, Blaise Matuidi, dan Ngolo Kante masih akan menjadi pusat pergerakan tim polesan Didier Deschamps itu. Untuk sektor penyerangan, dua calon peraih titel pemain terbaik Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann juga bisa menghadirkan perbedaan baik dari open play maupun set piece. Keunggulan Prancis lainnya lini belakang mereka yang juga produktif.

Namun, meski produktif dan kukuh dalam menghalau set piece, lini belakang Prancis kerap tampil angin-anginan apabila berhadapan dengan skema open play dengan serangan balik cepat. Dan, itu adalah strategi Kroasia hingga berhasil menapak final. Kurangnya pelapis di lini depan juga bisa menyulitkan Prancis ketika Olivier Giroud, Kylian Mbappe, dan Antoine Griezmann tidak dalam performa terbaik.

Kroasia
Kolektivitas masih menjadi andalan Kroasia terlebih untuk laga final yang sarat tekanan. Duet Luka Modric dan Ivan Rakitic bisa menghambat dominasi lini tengah Prancis. Kecepatan Ivan Perisic dan Ante Rebic juga berpotensi menekan pergerakan Benjamin Pavard-Lucas Hernandez di sisi kanan dan kiri pertahanan Prancis. Kroasia sangat tajam di 15 menit terakhir.

Namun, kebobolan Kroasia paling banyak ada pada 15 menit awal dan akhir laga. Ini menandakan bahwa lini belakang Vatreni kerap hilang fokus pada waktu-waktu krusial. Pelatih Zlatko Dalic juga belum menemukan cara ampuh apabila dynamic duo Luka Modric dan Ivan Rakitic dimatikan pergerakannya.

Road to Final
Prancis
Penyisihan Grup C (juara grup)
vs Australia 2-1
vs Peru 1-0
vs Denmark 0-0
16 Besar
vs Argentina 4-3
Perempat final
vs Uruguay 2-0
Semifinal
vs Belgia 1-0

Final Piala Dunia 2018 antra Prancis vs Kroasia bakal digelar di Stadion Luzhniki, Moscow, mulai pukul 22.00 WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News