Prediksi Kompetisi Catur Asia Bakal Berjalan Panas

17th Asian Continental Chess Competition

Prediksi Kompetisi Catur Asia Bakal Berjalan Panas
Ilustrasi kompetisi catur. Foto: google

jpnn.com, JAKARTA - Kapten tim catur Indonesia kristianus Liem memastikan akan terjadi pertarungan keras di 17th Asian Continental Chess Competition.

Menurut Liem jika melihat peta pemain dan daftar unggulan teratas pada pecatur pria terdapat sekitar 15 orang yang dapat disebut sebagai GM Super dengan rating di atas 2600.

“Bahkan empat peserta dari 15 GM super memiliki rating di atas 2700. Asia sudah menjadi kekuatan dunia,” ujar Kristianus Liem.

“Indonesia menempatkan GM Susanto Megaranto sebagai unggulan ke-24 dengan rating 2512 disusul dengan IM Novendra Priasmoro (2483) di urutan 29, lalu IM Yoseph Taher dan IM Sean Winshand Cuhendi di unggulan 34 dan 42 dari total 64 peserta,” tambahnya.

Kris lebih lanjut menjelaskan, bobot permainan di turnament ini juga terlihat dari sejumlah 64 peserta dari 14 negara catur asia hanya 7 orang yang tidak bergelar. Sementara sisanya memiliki gelar dengan 29 Grandmaster dan 18 orang Internasional.

Pertarungan sengit juga diprediksi Kristianus untuk laga pecatur perempuan. WGM Medina Warda Aulia menempatkan dirinya di unggulan ke-5 dalam pertandingan ini. Meski demikian hal tersebut bukanlah hal mudah untuk mencapai posisi puncak.

“Di luar dugaan, unggulan pertama ditempati pecatur yang baru bergelar WIM tetapi memiliki rating sanga tinggi untuk ukuran pecatur wanita, (WIM Jiner Zhu-2409),” jelas Kris.

“Tiga nama lainnya di atas media dua di antaranya bergelar IM, Guliskhan Nakhbayeva (2371) yang pernah bertahun-tahun menjadi pecatur nomor satu Kazakhstan, dan Guo Qi (2368) dari Tiongkok yang pernah menjadi Juara Catur Junior Dunia,” imbuhnya.

Kapten tim catur Indonesia kristianus Liem memastikan akan terjadi pertarungan keras di 17th Asian Continental Chess Competition.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News