Prediksi, Pendaftar SNM PTN Tembus 900 Ribu Siswa

Prediksi, Pendaftar SNM PTN Tembus 900 Ribu Siswa
Prediksi, Pendaftar SNM PTN Tembus 900 Ribu Siswa

jpnn.com - JAKARTA - Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) 2014 terus memonitor perkembangan sekolah yang sudah mengisi PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).

Sampai saat ini sekolah-sekolah yang sudah pernah mengiktui SNM PTN, updating datanya masih lambat.
 
Humas SNM PTN 2014 Bambang Hermanto menuturkan, sekolah yang sudah pernah ikut SNM PTN otomatis pernah melakukan pendaftaran PDSS. "Tetapi sekolah itu harus updating data untuk siswa yang sekarang kelas III SMA sederajat," paparnya kemarin.
 
Dia menjelaskan pada posisi saat ini, data rapor siswa kelas III SMA/sederajat yang masuk di panitia SNM PTN hanya sampai semester IV. Sedangkan saat ini sekolah yang sudah pernah mengikuti SNM PTN, harus memperbaharui data siswanya.

Khususnya untuk memasukkan nilai rapor semester V. Dia mengingatkan bahwa syarat mengikuti SNM PTN harus memasukkan data rapor mulai dari semester I hingga semester V.
 
Bambang mencatat tahun lalu jumlah sekolah yang sudah mendaftar di panitia SNM PTN berjumlah hampir 14 ribu unit sekolah. Mulai dari jenis SMA, SMK, Madrasah Aliyah, hingga Madrasah Aliyah Kejuruan.

"Tetapi sampai saat ini masih belum banyak sekolah lama yang melakukan updating data rapor siswanya," jelasnya.
 
Panitia SNM PTN mengingatkan supaya sekolah yang telah menyelesaikan pengisian rapor siswa semester V untuk segera mengentri data baru di server PDSS SNM PTN 2014. Bagi sekolah lama, nanti setelah mereka melakukan entri data baru, akan mendapatkan password dan PIN dari panitian. Nah password dan PIN ini sangat penting, karena akan dipakai sebagai kunci pendaftaran siswa yang dibuka mulai 17 Februari hingga 31 Maret nanti.
 
Sementara itu Bambang juga menceritakan pendaftaran PDSS untuk sekolah baru atau yang sama sekali belum pernah mengikuti SNM PTN. Dia mengatakan saat ini sudah ada sekitar 2.000 unit sekolah baru yang mendaftar di PDSS SNM PTN.
 
Dia memperkirakan jumlah akhir sekolah yang mendaftart di PDSS SNM PTN 2014 berkisar 16 ribu unit. Dengan jumlah itu, Bambang mengatakan perkirakaan siswa yang mendaftar SNM PTN 2014 mencapai 900 ribu orang. Perkiraan jumlah ini diatas realisasi pendaftar SNM PTN 2014 yang berjumlah sekitar 779 ribu siswa.
 
Jika pendaftar SNM PTN 2014 benar-benar tembus 900 ribu orang, berarti tingkat persaingan untuk berebut kursi kuliah di PTN semakin ketat. Sebab kuota atau daya tampungnya masih tetap seperti tahun lalu, yakni sekitar 150 ribu kursi.

Tingkat persaingan bakal semakin sengit, untuk prodi-prodi favorit. Diantaranya adalah kedokteran, guru, dan teknik. (wan)


JAKARTA - Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) 2014 terus memonitor perkembangan sekolah yang sudah mengisi PDSS (Pangkalan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News