Prediksi Pengamat Hanya PKS yang Bakal Konsisten Jadi Oposisi, Gerindra?

Prediksi Pengamat Hanya PKS yang Bakal Konsisten Jadi Oposisi, Gerindra?
Pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Hendri Satrio menilai dari empat partai eks Koalisi Adil Makmur yang masuk parlemen, hanya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang bakal konsisten menjadi oposisi.

Hal ini disampaikan Hendri yang menganalisa kemungkinan partai mana dari eks koalisi pengusung Prabowo Subianto - Sandiaga Uno yang lebih dulu bergabung ke pemerintah pascabubarnya pengusung paslon 02 di Pilpres 2019.

"Prediksi saya hanya PKS yang berada di oposisi. Walaupun menurut saya kalau rekonsiliasi mau terjadi cepat, pemerimtah harus merekrut Gerindra dan PKS. Tapi kita lihat saja nanti perkembangannya," ucap Hendri saat berbincang dengan JPNN.com, Sabtu (29/6).

BACA JUGA: PAN - Demokrat Sejak Awal Ngebet Gabung ke Koalisi Jokowi, Gerindra Belum Tegas

Hendri memprediksi demikian karena Partai Amanat Nasional (PAN) menurutnya sudah pernah satu gerbong dengan Joko Widodo alias Jokowi selaku pemenang Pilpres 2019.

"Demokrat selama dia berada di luar pemerintahan, elektanilitasnya turun teru," lanjut pendiri lembaga KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia) ini.

Bahkan, Hendri menduga jika ke depan Partai Gerindra sebagai pengusung utama Prabowo berpotensi diajak Jokowi untuk bergabung membangun bangsa dan negara.

Terlebih lagi, katanya, Gerindra sejak berdiri menjadi partai politik selalu menjadi oposisi dan itu buakn hal mudah bagi partai pimpinan Prabowo Subianto tersebut.

Pengamat politik Hendri Satrio menilai dari empat partai eks Koalisi Adil Makmur yang masuk parlemen, hanya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang bakal konsisten menjadi oposisi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News