Premium Caplok Subsidi Minyak Tanah

Premium Caplok Subsidi Minyak Tanah
Premium Caplok Subsidi Minyak Tanah
JAKARTA - Kekhawatiran mengenai habisnya stok BBM (bahan bakar minyak) subsidi di beberapa wilayah sudah ada solusinya. Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengaku sudah mendapat izin untuk menggeser jatah subsidi minyak tanah ke premium. 

"Berdasar data-data yang ada, diperkirakan sampai Desember 2012 itu masih ada lebih kurang 400 ribu kiloliter jatah subsidi minyak tanah. Nah, itu yang akan kita konversi ke premium, kita sudah koordinasi dengan Direktorat Jenderal Migas dan Pertamina, mereka telah sepakat," ujar Direktur BBM Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas, Djoko Siswanto saat diskusi di Warung Daun Cikini kemarin.

Dia mengaku, pihaknya sudah melakukan penghitungan secara rinci mengenai volume BBM subsidi jenis premium, solar. maupun minyak tanah untuk tahun 2012. Dari data tersebut diketahui bahwa jatah minyak tanah subsidi tahun ini sebesar 1,7 juta kiloliter. "Itu ternyata sampai akhir tahun kita perkirakan hanya habis 1,3 juta kiloliter, jadi 0,4 juta kiloliter itu kita masukkan ke premium," tegasnya.   

Meski begitu, Djoko menyebut pemerintah masih berharap DPR mau menyetujui penambahan kuota BBM subsidi sebesar 4 juta kiloliter sebagai antisipasi. Untuk itu pihaknya sudah mengirim surat ke Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Menteri Keuangan, dan juga DPR. "Rakyat juga perlu menyetujui melalui wakil-wakilnya di DPR," ujarnya.

JAKARTA - Kekhawatiran mengenai habisnya stok BBM (bahan bakar minyak) subsidi di beberapa wilayah sudah ada solusinya. Badan Pengatur Hilir Minyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News