Presiden dan Wapres AS Blusukan demi Selamatkan Gubernur dari Pemakzulan

Presiden dan Wapres AS Blusukan demi Selamatkan Gubernur dari Pemakzulan
Presiden dan wakil presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden dan Kamala Harris. Foto: Reuters/Lucas Jackson

jpnn.com, LOS ANGELES - Presiden Joe Biden pada Senin (13/9) berangkat ke California untuk berkampanye dengan Gubernur Gavin Newsom menjelang pemilihan yang didukung Partai Republik untuk melengserkan sang gubernur.

Para politisi Demokrat memandang pemilihan itu sebagai perebutan kekuasaan oleh para pengikut mantan Presiden Donald Trump.

Biden berencana untuk tampil pada malam hari bersama Newsom di kota pelabuhan Long Beach dekat Los Angeles.

Newsom, yang sedang dilanda kecaman, saat ini menjalani masa jabatan pertama sebagai gubernur.

Penampilan pada Senin itu menandai kampanye terakhir Newsom dalam menghadapi pemilihan pada Selasa, yang akan menguji daya tarik Trump di negara bagian yang sangat berhaluan Demokrat itu.

Presiden dan gubernur muncul bersama pada Senin sore di Sacramento. Biden mampir di ibu kota California itu dalam lawatannya untuk meninjau kerusakan akibat kebakaran hutan di wilayah tersebut.

Wakil Presiden Kamala Harris juga sudah berkampanye untuk Newsom di wilayah Teluk San Francisco itu minggu lalu.

Harris, mantan senator AS dari California, melukiskan pemilihan pelengseran itu, yang sangat didukung secara finansial oleh kelompok-kelompok Republik di tingkat negara bagian dan nasional, sebagai bagian dari upaya partai yang lebih luas untuk menggulingkan Demokrat dari kekuasaan serta memperluas pembatasan konservatif pada pemungutan suara, aborsi, dan hak-hak LGBTQ.

Para pendukung pemilihan membalas tudingan itu dengan mengatakan bahwa langkah untuk memaksa Newsom turun dari jabatannya mendapat dorongan dari meningkatnya kebencian masyarakat atas keputusannya menutup sekolah serta mewajibkan penggunaan masker dan vaksinasi selama pandemi.

Presiden dan Wapres AS turun langsung meyakinkan warga California agar tidak memakzulkan gubernur mereka

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News