Presiden Hadiri Penandatanganan HoA Divestasi PT Vale Indonesia

Presiden Hadiri Penandatanganan HoA Divestasi PT Vale Indonesia
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menghadiri penandatangan Heads of Agreements: PTVI Divestment Commitment (HoA). Foto: MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menghadiri penandatangan Heads of Agreements: PTVI Divestment Commitment (“HoA”).

Adapun HoA itu ditanda tangani oleh Direktur Utama BUMN Holding Industri Pertambangan, PT Mineral Industri Indonesia (“MIND ID”), CEO Vale Canada Limited (“VCL”), Senior Managing Executive Officer Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. (“SMM”), serta CEO PT Vale Indonesia Tbk. (“PTVI”) serta disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Wakil Menteri BUMN yang diselenggarakan di San Fransisco pada Jumat, (17/11).

HoA (Perjanjian Induk) merupakan langkah awal dalam pemenuhan komitmen divestasi PTVI dalam rangka pemenuhan persyaratan konversi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK), mengingat akan berakhirnya masa berlaku Kontrak Karya (“KK”) PTVI pada akhir 2025.

Ke depan melalui penandantangan HoA ini diharapkan MIND ID akan menjadi pemegang saham terbesar di PTVI dengan kepemilikan sebesar 34 persen dan memiliki peran penting dalam pengelolaan PTVI ke depannya.

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso juga mengungkapkan MIND ID bersama VCL akan melakukan kontrol bersama atas PTVI. 

“MIND ID bersama VCL akan memiliki kontrol bersama yang lebih dalam terkait operasionalisasi perusahaan dan juga dalam pengelolaan dan pengembangan perusahaan kedepannya,” ujar Hendi. 

Dia menjelaskan pada struktur kerja sama pengelolaan PTVI ini, diharapkan MIND ID bersama dengan pemegang saham lainnya dapat bekerja sama dengan lebih erat.

Adapun aturan itu dituangkan dalam prinsip tata kelola yang baik untuk mendukung pengembangan perusahaan ke depan.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menghadiri penandatangan Heads of Agreements: PTVI Divestment Commitment (HoA)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News