Presiden Ingin Desa Berinovasi Kembangkan Potensi Wisata

Presiden Ingin Desa Berinovasi Kembangkan Potensi Wisata
Presiden Joko Widodo mengacungkan satu jempolnya saat menghadir Rakernas TKN Jokowi - Ma'ruf di Surabaya, Minggu (28/10). Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, TANGERANG - Sektor pariwisata menjadi perhatian khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) di acara Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa 2019 dan Evaluasi Kebijakan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Banten.

Acara ini dihadiri oleh para kepala desa, pendamping desa, pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), kader posyandu, guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), LPM kabupaten, serta anggota Badan Permusyawaratan Desa.

Dikatakan Jokowi, untuk ke depan dia ingin agar dana desa ini pemanfaatannya tidak hanya untuk infrastruktur semata, tetapi mulai digeser ke pemberdayaan ekonomi rakyat di desa dan inovasi desa.

"Kalau bisa untuk pemberdayaan ekonomi, Pak Menteri, kerja samalah dengan pabrik-pabrik, industri, dan perusahaan sehingga produksi di desa bisa terserap," ucapnya di Lapangan Froggy, Kawasan Foresta Business, Kabupaten Tangerang, Minggu (4/11).

Dari segi inovasi, Presiden berharap desa-desa bisa memunculkan potensi wisata yang dimilikinya.

Jokowi pun memberi contoh beberapa desa yang sukses mengembangkan potensi wisatanya, yaitu Umbul Ponggok di Klaten, Jawa Tengah dan Embung Nglanggeran di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Hal-hal inovasi seperti ini saya lihat di Banten miliki potensi yang bisa dikembangkan," ujar Kepala Negara.

Turut mendampingi Presiden dalam acara ini, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.(fat/jpnn)


Sektor pariwisata menjadi perhatian khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) di acara Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa 2019


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News