Presiden Ingin Petani Jual Hasil Panen Dalam Bentuk Beras

Presiden Ingin Petani Jual Hasil Panen Dalam Bentuk Beras
Presiden Joko Widodo meninjau satu satu pusat Pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) Terintegrasi di Kawasan Transmigrasi, KTM Kabupaten Mesuji, Lampung, Minggu (21/1). Foto: Setpres

jpnn.com, LAMPUNG - Keuntungan terbesar dari menanam padi sawah terjadi saat pascapanen, bukan ketika panen berlangsung.

Pernyataan ini disampaikan Presiden Joko Widodo ketika berbicara pada Pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) Terintegrasi di Kawasan Transmigrasi, KTM Kabupaten Mesuji, Lampung, Minggu (21/1).

Selama ini, lanjut Presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi, petani mengurus sawah dengan mengairi, memupuk dan panen, setelah itu menjualnya dalam bentuk gabah.

“Padahal keuntungan besar itu pada saat jadi beras. Jadi saya sampaikan agar jualnya dalam bentuk beras. Syukur sudah dikemas. Ini di penggilingan padi modern ini bisa dilakukan,” kata Jokowi.

Presiden Ingin Petani Jual Hasil Panen Dalam Bentuk Beras

Di lokasi tersebut terdapat pabrik penggilingan padi. Mantan gubernur DKI Jakarta itu ingin melihat produktivitas dari penggilingan padi tersebut.

“Saya mau lihat dulu apa kapasitas di sini cukup atau enggak. Kalau enggak bisa ditambah. Bermanfaat atau tidak bermanfaat. Kalau tidak sudah tinggalkan. Kalau bermanfaat akan dibesarkan lagi sehingga kapasitasnya memenuhi yang ada di masyarakat,” tutur suami Iriana.

Presiden kemudian memanggil seorang petani, Jumadi, untuk mengecek langsung harga gabah dan beras.

Menurut Presiden, selama ini petani mengurus sawah dengan mengairi, memupuk dan panen, setelah itu menjualnya dalam bentuk gabah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News