Presiden Instruksikan Pembangunan SDM di IKN Diperhatikan

Presiden Instruksikan Pembangunan SDM di IKN Diperhatikan
Presiden Jokowi sangat menghargai digelarnya Festival Harmoni Budaya Nusantara untuk mengingatkan semua pihak bahwa seni dan budaya Indonesia itu sangat beragam. Foto: dok pribadi for jpnn

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - IKN adalah simbol identitas nasional yang menunjukkan jati diri bangsa dan negara.

Nantinya, kota anyar itu bakal memiliki struktur masyarakat yang heterogen dan saling berbaur antara warga lokal/asli dan pendatang diharapkan menguatkan kebhinekaan Indonesia.

Interaksi beragam warga dan akulturasi sosial budaya sebuah keniscayaan.

Wajar jika muncul kekhawatiran apakah warga dan budaya lokal tersingkirkan.

"Mestinya yang didahulukan adalah pembangunan sumber daya manusia, pelestarian kebudayaan, merawat kebudayaan yang ada. Jangan sampai nanti tergerus oleh budaya-budaya dari luar, budaya-budaya asing," ujar Presiden Jokowi saat menghadiri Festival Harmoni Budaya Nusantara di Lapangan Taruna, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Jumat (3/11).

Acara ini digelar oleh Kemenko PMK bersama Pemda setempat.

Presiden dalam sambutannya menyebut beragam pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur tengah dilakukan.

Mulai dari pembangunan gedung-gedung pemerintahan, hotel berbintang, rumah sakit, sekolah bertaraf internasional, hingga pusat perbelanjaan.

Presiden Joko Widodo menilai bahwa pembangunan fisik tersebut mestinya dibarengi dengan pembangunan sumber daya manusia, termasuk pelestarian budaya lokal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News