Presiden Jokowi Akan Resmikan Tol Wilangan - Kertosono

Presiden Jokowi Akan Resmikan Tol Wilangan - Kertosono
Presiden Jokowi. Foto: Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan beroperasinya jalan tol Solo - Ngawi ruas Wilangan - Kertosono pada 20 Desember 2018.

”Insya Allah akan diresmikan presiden pada 20 Desember,” kata Direktur Utama PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) Iwan Moedyarno kepada Jawa Pos.

Ruas Wilangan–Kertosono sebelumnya dikhawatirkan tidak selesai pada akhir tahun ini. Namun, Iwan meyakinkan bahwa operasional akan dibuka sesuai jadwal.

Dia menjelaskan, meski progres fisik belum sempurna, ruas Ngawi–Kertosono sepanjang 39 kilometer tersebut siap dioperasikan setelah melalui evaluasi mendetail. ”Setelah pengoperasian, ada masa uji coba selama 1 hingga 2 minggu tanpa tarif,” jelas Iwan.

Iwan optimistis pengoperasian tol ruas Wilangan - Kertosono bisa mengurangi kepadatan di pertigaan Mengkreng. Sebab, kendaraan dari timur (Mojokerto dan Surabaya) bisa langsung masuk tol dan tidak perlu masuk ke jalan nasional melewati Mengkreng. ”Begitu juga dari barat dan sebaliknya,” jelasnya.

Selain itu, ada satu pekerjaan overpass di ruas Wilangan–Kertosono yang saat ini masih dalam proses. Namun, Iwan yakin overpass tersebut selesai tepat waktu. ”Kalaupun tidak selesai, tidak akan mengganggu operasi karena lokasi (pengerjaan, Red) ada di luar jalan tol,” jelasnya.

Sebelum tutup tahun, pemerintah menargetkan mengoperasikan empat ruas tol. Yakni, Batang–Semarang, Semarang Solo ruas Salatiga–Kartasura, Ngawi–Kertosono–Kediri ruas Wilangan–Kertosono, dan Gempol–Pasuruan ruas Pasuruan–Grati.

Empat ruas itu akan melengkapi jaringan jalan tol trans-Jawa dari Merak–Surabaya yang akan tersambung pada pengujung tahun ini. (tau/c10/oni)


Kemacetan parah di persimpangan Mengkreng, Kertosono, diharapkan selesai dengan beroperasinya jalan tol Solo - Ngawi ruas Wilangan – Kertosono.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News