Jalan Tol Solo-Ngawi Diresmikan Bisa Pangkas Waktu 90 Menit

Jalan Tol Solo-Ngawi Diresmikan Bisa Pangkas Waktu 90 Menit
Ilustrasi tol. Foto: JPNN

jpnn.com, SRAGEN - Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Solo - Ngawi sepanjang 90,43 Km. Dengan adanya jalan tol Solo - Ngawi akan mempermudah dan mempercepat akses dari dan menuju ke Solo, Sragen maupun Ngawi.

"Jalan Tol Solo-Ngawi ini bisa memangkas waktu tempuh dari yang semula 3 jam via jalan raya, sekarang dapat ditempuh hanya dalam waktu 1,5 jam," ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno di sela peresmian Jalan Tol Trans Jawa segmen Sragen - Ngawi, Rabu (28/11).

Rini mengungkapkan, terpangkasnya waktu tempuh diharapkan juga bisa mempercepat distribusi logistik dan menciptakan konektivitas baru.

Jalan Tol Solo-Ngawi terbagi atas tiga seksi, yakni Seksi 1 Ngawi-Klitik sepanjang 4 km sudah beroperasi sejak 30 Maret 2018, Seksi 2 Kartasura-Sragen (35 km) sudah diresmikan 15 Juli 2018, dan Seksi 3 Sragen-Ngawi (51 km) yang baru saja diresmikan.

Jalan Tol Solo-Ngawi menghubungkan Kabupaten Boyolali, Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen di Jawa Tengah dan Kabupaten Ngawi di Jawa Timur.

Untuk memudahkan mobilisasi pengguna, jalan tol ini dilengkapi dengan delapan Gerbang Tol (GT), yakni GT Colomadu, GT Bandara Adi Sumarmo, GT Ngemplak, GT Purwodadi, GT Karanganyar, GT Sragen, GT Sragen Timur dan GT Ngawi.

Beroperasi penuhnya Jalan Tol Solo-Ngawi menambah lengkap jaringan mega-proyek Jalan Tol Trans Jawa yang tergabung dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).(chi/jpnn)


Jalan tol Solo - Ngawi akan mempermudah dan mempercepat akses dari dan menuju ke Solo, Sragen maupun Ngawi.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News