Presiden Jokowi Bangga Pertanian Indonesia Makin Maju dengan Teknologi

Presiden Jokowi Bangga Pertanian Indonesia Makin Maju dengan Teknologi
Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung rencana pemerintah daerah untuk melakukan pengembangan produk unggulan pedesaan (prukades) tanaman padi di KPB Desa Batu Betumpang, Kabupaten Bangka Selatan. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, HUMBANG HASUNDUTAN - Setelah mengunjungi Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku terkesan dengan banyak alat mesin pertanian yang telah menjangkau daerah tersebut.

Presiden mengatakan, dalam lima tahun ini, Kementerian Pertanian sudah membagi yang namanya traktor, excavator, dan bulldozer untuk yang daerah-daerah yang memiliki lahan yang besar-besar.

“Saya juga kaget juga dalam satu kabupaten traktornya begitu banyaknya, excavator-nya begitu banyaknya, sehingga lahan besar bisa dikerjakan dengan mekanisasi peralatan-peralatan yang ada yang saya lihat itu bantuan dari Menteri Pertanian,” ungkap Presiden Jokowi sebagaimana siaran pers Kementan, Sabtu (10/8).

BACA JUGA : Mentan Amran Lepas Ekspor Produk Pertanian Senilai Rp 1,1 Triliun

Saat berdialog dengan peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2019, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/8) siang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) setuju dengan usulan agar dilakukan sosialisasi untuk memodernisasi para petani, sehingga mereka tidak perlu lagi membakar hutan dan lahan untuk memulai membuka lahan.

“Memang kita harus berani mengalihkan pola pola pertanian tradisional menuju ke pola pola pertanian yang modern memakai teknologi. Ini tugas Bupati, tugas Wali Kota, tugas Gubernur, tugas Menteri-Menteri dan tugas kita semuanya,” kata Presiden Jokowi.

Untuk itu, Presiden meminta Bupati-Bupati yang memiliki lahan yang bisa dikerjakan secara bukan manual lagi, agar meminta bantuan ke Kementerian Pertanian setiap tahun bantuannya banyak, untuk alat-alat seperti itu.

“Jadi kita ubah petani yang sudah berpuluh-puluh tahun dengan untuk land clearing dengan cara membakar diganti dengan pembersihan land clearing dengan traktor, dengan excavator tanpa harus membuat api,” tutur Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan harus berani mengalihkan pola-pola pertanian tradisional menuju ke yang modern memakai teknologi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News