Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Kian Kompak, Ini Buktinya

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Kian Kompak, Ini Buktinya
Tangkap layar Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meninjau barisan komcad yang hadir dalam upacara Penetapan Komponen Cadangan Tahun Anggaran 2021 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Bandung, Jawa Barat pada Kamis (7/10/2021). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto belakangan ini terlihat makin kompak. Keduanya kerap kali bersama-sama melakukan kunjungan kerja atau menghadiri sebuah acara. Yang teranyar, Presiden Jokowi hadir dalam penetapan komponen cadangan (Komcad) TNI pada 7 Oktober lalu.

Pengamat Politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno menangkap ada pesan simbolis yang ingin disampaikan kedua tokoh ini kepada publik. “Ketika dua pemimpin ini bersatu dapat menciptakan efek moral positif di masyarakat bahwa negara ini stabil,” kata Adi saat dihubungi, Jumat (15/10).

Ada beberapa kesempatan belakangan ini yang memperlihatkan kekompakan Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo.

Beberapa hari sebelum penetapan Komcad, Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo juga meresmikan RS LB Moerdani yang dibangun oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) di Merauke, Papua untuk mendukung penanganan COVID-19 di Papua, sekaligus mendukung acara PON Papua.

Tidak lama sebelum itu, Prabowo juga mendampingi Jokowi kunker ke Kalimantan Tengah untuk mengecek perkembangan vaksinasi, meresmikan jalan tol Balikpapan-Samarinda ruas Balikpapan-Samboja, dan meninjau sodetan atau terusan buatan yang merupakan akses jalan menuju ibu kota negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur.

“Jokowi terlihat nyaman dan mengandalkan Prabowo di beberapa kesempatan. Prabowo pun terlihat sangat menghormati Jokowi selaku pimpinannya,” ujar Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini.

Jokowi, sambung Adi juga terlihat puas dengan kinerja Prabowo sebagai Menhan. Ini terlihat dari kehadiran Jokowi di acara penetapan komcad hingga selesai. Presiden pun terlihat begitu menikmati acara. Jokowi bahkan menyetir mobil boogie menuju tempat upacara.

"Presiden hadir sampai habis dalam acara penetapan komcad beberapa waktu lalu adalah sinyal bahwa Jokowi puas dengan kinerja Prabowo,” lanjut Adi. Sebaliknya, kata dia, dukungan Prabowo terhadap kebijakan Jokowi juga jelas terlihat. Misalnya soal penanganan covid 19 dan ibu kota negara yang secara tegas disampaikan oleh Prabowo.

Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto belakangan ini terlihat makin kompak