Presiden Jokowi Pastikan November Ada Kompetisi Lagi

Presiden Jokowi Pastikan November Ada Kompetisi Lagi
Persib Bandung berhasil menjadi Juara Piala Presiden 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (18/10). Persib menang atas lawannya Sriwijaya FC dengan skor 2-0. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Piala Presiden sudah kelar, berakhir dengan gegap gempita, tadi malam (18/10). Persib Bandung keluar sebagai juara setelah menumbangkan Sriwijaya FC (2-0). Meski hanya bertitel turnamen, event tersebut rupanya menjadi oase di tengah minimnya ajang bergengsi sepak bola di Indonesia.

Terlebih dengan kisruh PSSI dan Kemenpora, yang berujung dengan diberhentikannya seluruh kompetisi di musim 2015 oleh Exco PSSI. Tetapi, geliat turnamen-turnamen seperti Piala Presiden dan Piala Kemerdekaan sebelumnya secara nyata memberikan bukti bahwa sepak bola Indonesia masih bisa survive.

Adapun sanksi dari FIFA dan larangan bermain di kompetisi internasional buat timnas di semua jenjang tidak berpengaruh secara nyata. Bahkan, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pemerintah sudah merestui adanya turnamen atau kompetisi yang akan berjalan lagi November mendatang.

Untuk itu, dia berharap semua klub tidak menghentikan aktivitas pembinaan dan latihan mereka. Sebab, ajang selanjutnya sudah menanti klub di Indonesia. "Selamat buat Persib, sukses di Piala Presiden 2015," kata Jokowi menutup Piala Presiden tadi malam.

"November nanti, akan ada kompetisi atau turnamen baru lagi. Nanti yang ngomong bukan saya, yang jelas ada," lanjut presiden asal Solo itu.

Dia pun mengingatkan supaya klub terus melakukan persiapan. Meskipun belum jelas soal teknisnya, tetapi pernyataan Jokowi tersebut bisa menjadi pijakan buat klub Indonesia untuk optimistis tentang masa depan sepak bola Indonesia.

Sementara itu, untuk pengamanan laga final di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan sudah dijalankan maksimal dari pihak kepolisian dan pemerintah provinsi DKI Jakarta. Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menyatakan segera menindak tegas para perusuh yang mencoba menggagalkan laga final kemarin.

Sebagaimana diketahui bahwa gangguan dari oknum Jakmania, kelompok suporter Persija Jakarta kepada rombongan Bobotoh, suporter Persib sempat terlihat. Wajar, karena rivalitas antara Persija dan Persib telah berlangsung lama.

JAKARTA - Piala Presiden sudah kelar, berakhir dengan gegap gempita, tadi malam (18/10). Persib Bandung keluar sebagai juara setelah menumbangkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News