Presiden Jokowi Resmikan PLTP Sarulla Akhir Juli

Presiden Jokowi Resmikan PLTP Sarulla Akhir Juli
Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumut. Foto: sumutpos/jpg

jpnn.com, MEDAN - Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumut, Senin (30/7) mendatang.

“Pembangkit PLTP Sarulla ini sebelumnya sudah beroperasi, hanya belum diresmikan,” kata GM PLN Wilayah Sumatera Utara, Feby Joko Prihanto, kepada Sumut Pos di Medan, Rabu (11/7).

“Sarulla saat ini sudah siap 330 Mega Watt (MW). Insyaallah dalam waktu dekat akan diresmikan Bapak Jokowi. Sudah dikoordinasikan dengan Sekretariat Presiden,” tambahnya.

Dia mengatakan, dengan daya PLTP terpasang 330 MW, kondisi pasokan listrik surplus untuk Sumatera Bagian Utara.

“Sebelumnya, Sumut deficit listrik. Tapi sekarang Sumut memiliki cadangan daya listrik yang surplus. Yakni PLTP Sarulla ditambah kapal listrik berkapasitas 480 MW, dan baru kita bebankan 240 MW. Ketersediaan listrik ini membuat Sumut banyak dilirik investor untuk membuka usaha,” katanya.

Dalam hal ini, PLN mendorong konsumsi energi di Sumatera Utara, khususnya oleh industri, bisnis, dan perumahan. Konsumsi disertai dengan tiga sistem, yakni, ketersediaan, reliability, dan accesbility, untuk memaksimalkan pelayanan pelistrikan kepada masyarakat selaku konsumen PLN.

“Ketiga hal ini kita kombinasikan dengan rekan-rekan di lapangan dengan tanggungjawab sepenuhnya. Barangnya tersedia, berkualitas, dan mudah didapatkan,” tandasnya. (gus)


Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumut, Senin (30/7).


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News