Presiden Jokowi Serahkan Sapi Kurban Berat 900 Kg

Presiden Jokowi Serahkan Sapi Kurban Berat 900 Kg
Sapi kurban dari Presiden Jokowi tahun lalu. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, PONTIANAK - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor sapi seberat 900 Kg ke Masjid Miftahul Jannah, Paloh, Sambas, Kalimantan Barat. Sapi ini rencananya akan disembelih pada saat hari raya Idul Adha.

“Ini sapi kurban Presiden Joko Widodo. Sesuai arahan Gubernur Kalbar, lokasi penyerahan di daerah utara Kalbar dan didapatilah Masjid Miftahul Jannah,” kata Kepala Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Kalbar, drh. H. Abdul Manaf Mustofa, seperti diberitakan Raakyat Kalbar (Jawa Pos Group).

Ini merupakan yang ketiga kalinya Presiden Joko Widodo memberikan sapi kurban. Tahun 2015 silam sapi kurban diserahkan kepada pengurus masjid di Kecamatan Badau, Kapuas Hulu. Selanjutnya di tahun 2016 sapi kurban diberikan di Kabupaten Landak.

Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalbar memastikan stok sapi potong aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang hari raya Idul Adha.

Dari catatan dinas tersebut, sapi potong sebanyak 7.855 ekor. Sedangkan kebutuhan masyarakat di Kalbar sebanyak 5.673 ekor. Artinya masih surplus 2.182 ekor sapi potong.

Sementara untuk kambing, tersedia 7.002 ekor. Kebutuhan potong sebanyak 4.070 ekor. Masih lebih 2.932 ekor.

Meski secara keseluruhan suprlus, dia menuturkan masih ada daerah yang minus stok hewan. Solusinya, mengisi kebutuhan itu dari daerah yang melebihi stok.

Total jumlah hewan peternakan tersebut sebagian didatangkan dari luar Kalbar. Kata Manaf, sudah ada pihak yang meminta izin untuk mendatangkan 300 hewan ternak dari pulau Jawa.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor sapi seberat 900 Kg ke Masjid Miftahul Jannah, Paloh, Sambas, Kalimantan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News