Presiden Jokowi Terima Perhitungan Harga BBM Hari Ini, Siap-Siap Saja!

Presiden Jokowi Terima Perhitungan Harga BBM Hari Ini, Siap-Siap Saja!
Presiden Joko Widodo mengaku akan menerima perhitungan dan kalkulasi harga bahan bakar minyak (BBM) hari ini. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, MALUKU - Presiden Joko Widodo mengaku akan menerima perhitungan dan kalkulasi harga bahan bakar minyak (BBM) hari ini.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi di Kantor Pos Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Jumat (2/9).

"Untuk (harga) BBM-nya, semuanya masih dikalkulasi dan hari ini akan disampaikan ke saya mengenai kalkulasi dan hitung-hitungannya," jelasnya.

Menurut Presiden, pemerintah dang menyiapkan sejumlah skema perubahan kebijakan harga BBM subsidi, yakni Pertalite dan Solar, agar kuota BBM bersubsidi dapat mencukupi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun sesuai pagu APBN Tahun 2022.

Adapun belanja subsidi dan kompensasi yang dikucurkan pemerintah hingga Agustus 2022 sudah mencapai Rp 502,4 triliun, yang terdiri atas subsidi energi Rp 208,9 triliun dan kompensasi energi sebesar Rp 293,5 triliun.

Selain itu, pemerintah telah mengalokasikan bantuan sosial senilai Rp 24,17 triliun dari pengalihan subsidi BBM untuk tiga jenis bantuan.

Pertama, BLT untuk 20,65 juta kelompok masyarakat sebesar Rp 150 ribu sebanyak empat kali, dengan total anggaran Rp 12,4 triliun.

Kedua, bantuan subsidi upah sebesar Rp 600 ribu kepada 16 juta pekerja dengan gaji maksimum Rp 3,5 juta per bulan yang dibayarkan satu kali dengan anggaran Rp 9,6 triliun.

Presiden Joko Widodo mengaku akan menerima perhitungan dan kalkulasi harga bahan bakar minyak (BBM) hari ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News