Presiden Lepas Ekspor Serentak UMKM, Waketum KADIN: Sangat Memotivasi Kami

Presiden Lepas Ekspor Serentak UMKM, Waketum KADIN: Sangat Memotivasi Kami
Presiden Jokowi. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Kadin Bidang Perdagangan Benny Soetrisno menilai langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas ekspor produk Indonesia ke pasar global menjadi penyemangat para eksportir untuk melakukan kegiatan ekspor.

Sebab, pelaku eksportir memerlukan hal tersebut dari kepala negara.

"Itu memotivasi kami para eksportir. Bagus, kan kami perlu motivasi dari presiden. Presiden kan eksportir. Sekarang perusahaannya yang furniture untuk ekspor. Jadi dia mengerti betul persoalan ekspor. Jadi sebagai bapak negara dia memberikan semangat kepada eksportir untuk masuk," kata Benny.

Menurut dia, dalam kondisi pandemi COVID-19 sekarang ini, kegiatan ini harus terus ditingkatkan.

Dengan meningkatkan kegiatan ekspor, maka perekonomian nasional akan membaik ditambah terciptanya lapangan kerja baru bagi masyarakat.

"Dalam kondisi seperti ini, salah satunya adalah ekspor yang dapat menggerakan ekonomi kita. Karena kebutuhan kerja kita dua, satu devisa satu lapangan kerja. Devisa dan lapangan kerja bisa diperbesar kalau kita meningkatkan ekspor itu," tutur Benny.

Sementara untuk meningkatkan keterlibatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam kegiatan ekspor ini, Benny menyarankan model pembiayaan di lembaga penbiayaan ekspor indonesia (LPEI) diperbarui.

Supaya LPEI bisa membiayai UMKM yang akan melakukan kegiatan ekspor.

Dalam kondisi seperti ini, salah satunya adalah ekspor yang dapat menggerakan ekonomi kita. Karena kebutuhan kerja kita dua, satu devisa satu lapangan kerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News