Presiden Sebut Santri Pilar Kekuatan Bangsa, Terbukti Sejak Zaman Perjuangan

Presiden Sebut Santri Pilar Kekuatan Bangsa, Terbukti Sejak Zaman Perjuangan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab pertanyaan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani soal dukungan pada Pilpres 2024 seusai apel Hari Santri Nasional di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan santri merupakan pilar kekuatan bangsa dan sudah terbukti sejak zaman perjuangan.

Hal itu disampaikan saat menjadi pembina pada Apel Hari Santri 2023 di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10).

Presiden mengapresiasi kiprah santri sejak zaman perjuangan kemerdekaan hingga saat ini.

"Santri pilar kekuatan bangsa, pondasi kekokohan bangsa, sudah terbukti sejak zaman perjuangan," kata Presiden Jokowi di hadapan puluhan ribu santri.

Menurutnya sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar dan 36 ribu pesantren di Indonesia itu menjadi sebuah kekuatan besar.

"Jumlah pesantren yang sangat banyak menjadi kekuatan besar penentu masa depan bangsa, penentu lompatan kemajuan bangsa, dan penentu keberhasilan mencapai cita-cita," lanjutnya.

Dia lalu mengenang yang bermula dari kunjungannya ke salah satu pesantren di Malang sebelum menjabat sebagai Kepala Negara. 

Jokowi menyebutkan saat itu ada usulan dari para kiai dan santri untuk memutuskan adanya Hari Santri.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan santri merupakan pilar kekuatan bangsa dan sudah terbukti sejak zaman perjuangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News