JPNN.com

Presiden Tiongkok Kunjungan Kenegaraan Perdana ke India

Rabu, 17 September 2014 – 13:36 WIB Presiden Tiongkok Kunjungan Kenegaraan Perdana ke India - JPNN.com
Presiden Republik Rakyat Tiongkok, Xi Jinping

NEW DELHI - Presiden Republik Rakyat Tiongkok, Xi Jinping melakukan kunjungan kenegaraan ke India, Rabu (17/9). Ini merupakan kunjungan pertamanya sejak resmi menjabat tahun 2013 silam.

Selama tiga hari ke depan, Presiden Xi akan melakukan sejumlah pertemuan dengan Perdana Menteri Narendra Modi dan pejabat tinggi India lainnya. Peningkatan hubungan dagang, menjadi fokus utama dari kunjungan ini.

Tiongkok dan India adalah negara dengan populasi terbesar nomor satu dan dua di dunia. Nilai perdagangan antara keduanya mencapai angka $70 milyar atau sekitar Rp837 triliun.

Kedatangan Xi disambut dengan mood ceria oleh PM Moody dan jajarannya. Mereka percaya, Tiongkok memiliki potensi besar untuk menggelontorkan jutaan dollar dana investasi bagi infrastruktur India.

"Hubungan yang unik antara India dan Tiongkok dapat menuliskan sejarah dan menciptakan hari esok yang lebih baik bagi seluruh umat manusia," tulis Moody di akun Twitternya beberapa hari lalu.

Perbedaan pendapat terkait perbatasan di sekitar wilayah Pegunungan Himalaya tampaknya akan ikut dibahas. Masalah ini sudah muncul sejak awal tahun 1960 dan sampai sekarang belum disepakati penyelesaiannya.

"Kunjungan ini pasti akan meningkatkan rasa saling percaya secara politik," tutur Asisten Menteri Luar Negeri Tiongkok, Liu Jianchao di Beijing.

Hari ini, Xi dijadwalkan memulai kunjungan dengan mendatangi kawasan barat Negara Bagian Gujarat. Di sana, dia akan menghadiri sebuah resepsi dan program budaya. (BBC/dil/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...