JPNN.com

Prestasi BJ Habibie di Batam, Mengubah Nol jadi Sejuta

Kamis, 12 September 2019 – 12:56 WIB Prestasi BJ Habibie di Batam, Mengubah Nol jadi Sejuta - JPNN.com
BJ Habibie dan istri dalam satu acara seremoni terkait pembangunan di Batam. (Humas BP Batam)

jpnn.com, BATAM - Bacharuddin Jusuf Habibie alias BJ Habibie dikenal sebagai negarawan sejati, Bapak Teknologi, hingga Bapak Demokrasi. Namun, buat warga Batam, mereka lebih suka menyebut Preisden Ketiga RI itu dengan Bapak Pembangunan, yang bisa mengubah nol menjadi sejuta.

Habibie berperan dalam perancangan pembangunan Pulau Batam menjadi kota modern, tempat kawasan industri dan galangan kapal beroperasi.

Dia mencermati letak geografis Batam yang berdekatan dengan Selat Malaka dan memutuskan bahwa industri yang tepat dibangun di wilayah itu adalah galangan kapal. Operasi galangan kapal membutuhkan jalan, listrik, dan infrastruktur pendukung lainnya. Maka kemudian, ia bangun semuanya.

Dia juga menghitung, tahun ini jumlah warga Batam sebanyak ini, maka dibutuhkan air segini, maka harus dibangun sekian dam untuk memenuhi kebutuhan air warga.

Begitulah Habibie membangun Batam, memandang ke depan, bukan hanya satu-dua tahun, tapi berpuluh tahun mendatang.

Dia juga merancang lokasi ini untuk industri galangan kapal, ini untuk manufaktur, ini untuk perkantoran, ini untuk perumahan, ini hutan lindung, ini untuk itu. Semuanya terancang rapi dalam satu rencana induk yang disebut Master Plan Batam.

"Saya masih ingat waktu menjadi staf Otorita Batam, waktu itu BJH memberi arahan di Wisma Batam malam hari pada tahun 1994, memberikan arahan evaluasi Master Plan Batam," kata Dendi Purnomo, mantan Karyawan Otorita Batam (kini bernama Badan Pengusahaan Batam).

Pada kesempatan itu, ia menuturkan, Habibie menyampaikan impiannya menyatukan dan memajukan Indonesia menggunakan Teori Balon.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...