Prestasi SMK Tak Jamin Siswa Masuk PTN

Prestasi SMK Tak Jamin Siswa Masuk PTN
Prestasi SMK Tak Jamin Siswa Masuk PTN
JAKARTA - Pelajar SMK tak bisa bebas memilih Perguruan Tinggi (PT) melalui prestasi yang dia raih selama di sekolah. Kementerian Pendidikan Nasional (kemendiknas) belum bisa menjamin karya dan prestasi siswa SMK bisa membawa mereka masuk ke PT favoritnya.

Direktur Pembinaan SMK, Joko Sutrisno menyampaikan, karya siswa SMK memang tidak kalah menarik dibanding siswa SMA atau MA. Bahkan secara teknis, mereka bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. "Tapi memang belum ada jaminan terhadap karya dan siswanya," ujar Joko.

Dia menjelaskan, sejauh ini Kemendiknas belum bisa membawa siswa SMK yang memiliki prestasi di bidang khusus untuk bisa masuk ke PT favoritnya tanpa tes. Termasuk tidak adanya kekuatan sertifikat atas kemenangan hasil karyanya.

"Belum tahun ini, tapi akan kami upayakan," ujar Joko. Dia mengaku, bahwa pengecualian terhadap siswa SMK dibanding SMA dalam memanfaatkan potensi di luar bidang akademik memang ada. Namun, dia menjamin ke depan sertifikat atau karya siswa SMK akan bisa diakui dan mampu dijadikan jaminan mereka untuk bisa menempuh perguruan tinggi tanpa tes.

JAKARTA - Pelajar SMK tak bisa bebas memilih Perguruan Tinggi (PT) melalui prestasi yang dia raih selama di sekolah. Kementerian Pendidikan Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News