Pria Peminun Alkohol Bisa Pikun Lebih Cepat

Pria Peminun Alkohol Bisa Pikun Lebih Cepat
Ilustrasi. FOTO: getty images

jpnn.com - BAGI Anda yang doyan minum minuman beralkohol, segera kurangi kebiasaan buruk Anda. Baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa minum alkohol secara berlebihan dapat menghilangkan ingatan seseorang lebih cepat.

Namun dampak negatif ini paling jelas terlihat pada pria. Tim peneliti dari University College London sendiri telah memastikan temuan ini melalui pengamatan terhadap kebiasaan minum 5.054 pria berusia 44 hingga 69 tahun.

Setiap partisipan juga diminta mengikuti empat jenis tes agar bisa diukur kemampuan kognitifnya. Beberapa dari tes tersebut ditujukan untuk menilai ingatan jangka pendek partisipan berikut kemampuan mereka dalam memecahkan masalah.

Ternyata pria yang minum sedikitnya 36 gram alkohol atau lebih (sekitar 2,5 botol bir isi 13 ons) mengalami penurunan kemampuan kognitif lebih cepat, sama seperti yang dialami pria yang usianya 1,5 hingga 5,7 tahun lebih tua.

Dr. Alan Lerner, Direktur Brain Health and Memory Center, University Hospitals Case Medical Center, Cleveland sepakat dengan temuan ini.

"Makin tua, fungsi kognitif seseorang akan menurun, tapi alkohol dapat mempercepat proses ini," kata Dr. Lerner, seperti dilansir laman ABC News, Minggu (9/3).

Pakar lain, Dr. Michael Charness dari Harvard Medical School menambahkan bahwa selain penurunan fungsi kognitif, minum alkohol secara berlebihan juga dapat memperburuk kesehatan kardiovaskular.

Bahkan menurutnya, ada beberapa studi studi yang menemukan fungsi otak seseorang akan pulih kembali ketika ia memutuskan untuk berhenti minum-minum.

BAGI Anda yang doyan minum minuman beralkohol, segera kurangi kebiasaan buruk Anda. Baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa minum alkohol secara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News