Produk Fashion Dominasi Transaksi e-Commerce

Produk Fashion Dominasi Transaksi e-Commerce
Ilustrasi e-commerce. Foto: pixabay

jpnn.com, BALIKPAPAN - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw-BI) Kaltim Muhamad Nur mengatakan, secara triwulanan (quarter-to-quarter/qtq) laju pertumbuhan transaksi e-commerce di Kaltim pada triwulan pertama 2019 mencapai 16,04 persen.

Jumlah itu lebih tinggi dibanding rata-rata Kalimantan dan nasional yang masing-masing tumbuh sebesar 5,50 persen (qtq) dan 2,96 persen (qtq).

Penghitungan itu berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh Bank Indonesia.

BACA JUGA: Cara Jitu Pelindo Permudah Sistem Pembayaran

“Pertumbuhan jumlah transaksi e-commerce di Kaltim tersebut juga lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya yang tercatat tumbuh 9,39 persen (qtq),” ujarnya, Senin (17/6).

Di sisi lain, tambah Nur, berdasarkan kontribusinya pangsa transaksi e-commerce di Kalimantan maupun Kaltim terhadap nasional masih berada di bawah lima persen.

Trennya juga melambat jika ditinjau dari beberapa triwulan ke belakang. Pada triwulan I 2019, pangsa transaksi e-commerce Kalimantan dan Kaltim terhadap transaksi nasional masing-masing hanya sebesar 3,5 persen dan 1,0 persen terhadap total nasional.

“Ini menandakan bahwa geliat digitalisasi transaksi e-commerce di Kaltim maupun Kalimantan masih perlu ditingkatkan,” tuturnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw-BI) Kaltim Muhamad Nur mengatakan, secara triwulanan (quarter-to-quarter/qtq) laju pertumbuhan transaksi e-commerce di Kaltim pada triwulan pertama 2019 mencapai 16,04 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News